Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Lakukan ini Saat Digigit Anjing Rabies

Kabid Pengendalian Penyakit, Syarifuddin, S.Sos, MPH

Kota Bima, Bimakini.- Kasus korban gigitan anjing rabies di Kota Bima ternyata masih muncul. Untuk itu kenali cara memberikan pertolongan pertama pada korban gigitan anjing rabies.

Kepala Dikes melalui Kabid Pengendalian Penyakit, Syarifuddin, S.Sos, MPH pada Bimakini.com, Rabu (5/2) mengatakan untuk penanganan gigitan anjing rabies sebelum dibawa ke tempat pelayanan kesehatan bisa dilakukan dengan dicuci.

Yaitu mencuci bagian luka terkena gigitan anjing rabies dengan menggunaka sabun dan air mengalir selama 15 menit. Dengan melakukan pencucian maka virus terdapat pada luka gigitan bisa dibersihkan. Selanjutnya dibawa ke tempat layanan kesehatan.

Cara cuci dengan sabun tersebut, kata Syarafuddin merupakan pertolongan pertama pada gigitan hewan terjangkit virus rabies. “Kalau sebutan kami, gigitan hewan penyebab rabies,” terangnya.

Selain cara pertolongan pertama, Syarifuddin juga menyampaikan bagaimana mengenali hewan terpapar virus rabies. Kalau khusus untuk anjing ada beberapa ciri-ciri.

Anjing rabiesnya, kalau sudah terkena rabies, ada dua macam tipe,  namun ciri pada umumnya, hewan terkena rabies Kalau menginggit orang tanpa provokasi,  bahkan anjing peliharaan pun tuannya sendiri pun digigit, karena namanya ajing sudah gila, karena terpapar virus Lisa.

Sementara dari Ciri-ciri fisik, cenderung sering membuka mulut dan selalu keluar air liur, bergerak tak tentu arah, dan menggigit apa saja dia lewati. biasanya juga ada ketakutan pada suara, cahaya dan ransangan tertentu dan terutama yang paling ditakuti oleh anjing rabies adalah air. Hewan tarbies akan lebih memilih bersembunyi diitempat gelap akibat kena virus.

Kalau badan kurus? Kata Syarifud Belum tentu hewan atau anjing tersebut terpapar rabies.  Biasanya  ekor menjepit lubang anusnya, seperti layaknya hewan ketakutan.

Dia meminta tidak melepas bebas anjing, lebih baik dikandangkan.  Jika dilepas liar akan sangat membahayakan manusia. Juga dalam rangka mengantisipasi penyebaran rabies. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies (GHPR) kembali terjadi di Dusun Lara Desa Tambe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Kamis (17/11/2022) lalu. Kali ini,...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Anjing gila (rabies) hingga kini masih menghantui warga Kabupaten Dompu. Baru-baru ini, 2 (dua) orang warga Lingkungan Jado, Kelurahan Dorotangga, SN...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Empat warga Desa Campa Kecamatan Madapangga digigit anjing diduga rabies di So Soka watasan desa setempat, Ahad (31/5). Empat warga tersebut, yakni...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- A Gani, warga RT 15/RW 05 Kelurahan Jatibaru Timur, Kota Bima, Ahad (3/5) meninggal dunia diduga akibat gigitan anjing rabies. Namun...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Nahas dialami empat warga Desa Ndano Kecamatan Madapangga diserang dan digigit anjing liar.  Mereka adalah Arsyad (47), warga RT 09, Fitria (30)...