Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Melestarikan Cita Rasa Indonesia Bersama William Wongso dan Sheraton Senggigi

Mataram, Bimakini.- Sheraton Senggigi Beach Resort mempersembahkan program kuliner terbaru bertema “Chef Invasion: Valentine’s
Edition” pada 14-16 Februari 2020.

Sebagai salah satu resor terkemuka di Lombok, Sheraton Senggigi memiliki komitmen kuat untuk memberikan para tamu pengalaman kuliner yang luar biasa di pulau ini. Dengan konsep yang lebih matang, Chef Invasion tahun ini akan membawa lebih banyak penawaran kuliner yang menarik untuk melengkapi perjalanan mereka.

Bekerjasama dengan Teka Indonesia, FiberCreme dan Indonesia Gastronomy Network (IGN), program ini akan menghadirkan Chef William Wongso yang merupakan guru dari kuliner Indonesia. Chef William Wongso kerap diminta mempersiapkan jamuan kenegaraan dan jamuan penting lainnya di dalam maupun luar negeri, serta telah mendapatkan banyak penghargaan internasional.

Beberapa waktu lalu, bukunya yang betajuk Flavors of Indonesia berhasil memenangkan penghargaan tertinggi pada kategori B02 Best Book of The Year dalam Gourmand World Cookbook Award di Yantai, China. Di dunia kuliner, Gourmand World Cookbook Awards tak ubahnya ‘Oscars’ di dunia perfilman.

Di samping Chef Invasion, program penting lainnya adalah “From Our Kitchen to the World”
yang diprakasai oleh Teka Indonesia dan Sheraton Senggigi serta didukung oleh FiberCreme dan IGN. Program ini memiliki misi untuk mempromosikan dan melestarikan kekayaan kuliner dari berbagai daerah di Indonesia.

Proyek percontohan yang dilaksanakan di Lombok ini bertujuan untuk melahirkan suatu kegiatan wisata kuliner yang baru dan unik bertema Dine with Locals, di mana para wisatawan dan pendatang akan dapat merasakan makanan lokal yang otentik, bersih dan bermutu dari dapur di rumah penduduk.

Rangkaian kegiatan diawali dengan kunjungan Chef William Wongso dan timnya ke Sekolah
Tinggi Pariwisata Mataram pada 14 Februari 2020. Pada kesempatan ini, Chef William
Wongso berdiskusi dengan para pengajar dan murid, dilanjutkan dengan demonstrasi membuat masakan Indonesia dengan menggunakan bahan dasar makanan yang sehat, didukung oleh peralatan dapur moderen.

Selanjutnya, di hari yang sama, makan malam yang bertajuk Hearty Indonesian Set Dinner
sebagai rangkaian dari “Chef Invasion: Valentine’s Dinner” diadakan di Bawang Putih
Restaurant di Sheraton Senggigi, di mana 4 hidangan khas Nusantara disiapkan secara khusus oleh Chef William Wongso. Dimulai dari pukul 06.00 sore, makan malam ini dihargai IDR 400.000++, dan menjadi wadah untuk memberikan pengalaman kuliner khas Indonesia kepada wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Program berlanjut pada 15 Februari 2020, dengan kompetisi memasak yang dimulai dari pukul 14.00 siang hingga 15.30 sore. Kegiatan ini diikuti 15 peserta yang memiliki keahlian memasak makanan lokal. Mereka berkompetisi untuk memasak dua dari banyak hidangan terkenal di Lombok, yaitu Ayam Taliwang dan Pelecing. Hidangan-hidangan tersebut kemudian akan dinilai oleh 3 juri yang
terdiri dari Chef William Wongso, perwakilan dari Sheraton Senggigi dan perwakilan dari
Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat dan akan memilih 2 pemenang terbaik.

Setelah kompetisi ini, 2 pemenang akan membawa pulang seperangkat kompor moderen dari Teka dan dapat mengadakan pop-up dining (restoran sementara) di rumah mereka satu bulan sekali selama 1 tahun. Kegiatan ini akan dikoordinasikan dengan tim Sheraton Senggigi dan dipantau secara teratur oleh Teka Indonesia agar terjaga mutu dan kebersihannya.

Dilakukan di rumah penduduk, pop-up dining ini nantinya diharapkan akan memberdayakan masyarakat setempat dan menggerakkan ekonomi daerah.

Masih di hari yang sama, kompetisi ini kemudian akan diikuti oleh kelas memasak yang akan dimulai dari pukul 15:30 hingga 17:00 sore. Chef William Wongso akan berbagi tips dan trik untuk cara memasak makanan Indonesia yang efektif dan efisien dengan menggunakan peralatan dapur moderen yang telah disiapkan oleh Teka Indonesia, serta pemakaian bahan dasar yang sehat dengan rasa yang tetap otentik.
Mengakhiri rangkaian kegiatan ini adalah Pasar Senggigi Brunch pada 16 Februari 2020, yang akan menampilkan sederetan hidangan Indonesia oleh Chef William Wongso untuk melengkapi akhir pekan para tamu. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait