Ekonomi

Pengelolaan Dana BUMDes Sondosia Diduga Bermasalah

Aksi menyorot pengelolaan BUMDes.

Bima, Bimakini.- Pengelolaan dana BUMDes Sondosia diduga bermasalah. Dana yang meskinya untuk peningkatan PADes dan kesejahteraan masyarakat, justru dikelola secara tertutup.

Aliansi Pemuda Palisondo,  M Rizky menyampaikan pengelolaan dana BUMDes setempat jauh dari yang diharapkan. Dana puluhan juta yang disalurkan oleh Pemdes setempat tidak dikelola dengan baik. Tidak  dimanfaatkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pengelolaan BUMDes Sondosia ini jauh dari harapan dan gagal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya saat aksi, Selasa.

Selain persoalan BUMDes, dalam pengelolaan Dana Desa saja, Pemerintah tak melaksanakan secara transparan. Padahal transparansi tersebut merupakan salah satu yang harus dilaksanakan Pemerintah Desa dalam pengelolaan Dana Desa. “Keterbukaan informasi publik itu penting dan wajib. Apalagi dana yang kita kelola tersebut merupakan uang negara untuk kesejehateraan masyarakat,” tegasnya.

Dia mendesak Pemdes transparansi penggunaan Dana Desa Tahun 2019. Sekaligus APBDes Tahun 2019 harus mampu ditunjukkan oleh Pemdes. “Kita minta penggunaan Dana Desa itu harus transparan. Sekaligus memanggil pengurus BUMDes terkait dalam pengelolaan dana tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sondosia, Jauhari Irfani membenarkan dalam penggelolaan dana BUMDes tersebut pengurus dinilai sedikit amburadul. Hal itu terbukti alokasi dana BUMDes Tahun 2019 lalu pihak Pemdes mengalihkan pada program lain.

“Tahun 2019 lalu kita alokasikan dana BUMDes sebesar Rp 50 juta. Karena pengurusnya dinilai tak mampu kita alihkan pada program lain dan masuk pada kegiatan perubahan Tahun 2019,” ujarnya.

Kata dia, Tahun 2018 lalu Pemdes menyerahkan Dana BUMDes sebesar Rp 50 juta. Namun penggunaan dana tersebut pihaknya tak mengetahuinya kegiatan apa saja yang dilaksanakan oleh pengurus BUMDes.

“Kita telah bersurat pada pengurus BUMDes untuk klarifikasi penggunaan dana tersebut. Namun sampai saat ini belum pernah ditanggapi. Bahkan saat ini ketua BUMDes, Muhammad SPd sudah beberapa bulan tak ada di Desa Sondosia,” terangnya.

Menanggapi persoalan tersebut pihaknya masih menunggu klarifikasi dari pengurus. “Kita akan klarifikasi dulu pada pengurus baru kita bertindak,” tuturnya.

Kemudian terkait dalam penggunaan Dana Desa, pihaknya mengaku telah melaksanakan secara transparan. Salah satunya memasang info gratis yang didalamnya tertuang item kegiatan beserta dengan anggarannya.

“Kita juga bersosialisasi setiap kegiatan masyarakat terkait pelaksanaan program Dana Desa,” pungkasnya. (KAR)

Share
  • 287
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top