Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Sampaikan Kinerja, KPPN Bima Gelar Media Gathering

Kota Bima, Bimakini.- Jalin silaturahim sekaligus pengenalan serta menyampaikan informasi tentang kinerjanya, KPPN Bima  menggelar Media Gathering di aula kantor setempat, Senin (3/2).

Kepala KPPN Bima, Doddy Handaryadi mengatakan, keberadaan  lembaga dipimpinnya sebagai penyalur dana pusat ke daerah menjadi bagian dalam pembangunan di daerah.  Tupoksi KPPN Bima sendiri belum begitu diketahui oleh masyarakat luas.

Jelas Doddy,  KPPN Bima merupakan kantor yang menyalurkan sejumlah anggaran yang bersumber dari pemerintah pusat atau APBN. KPPN lah kemudian menjadi kas negara di daerah untuk kemudan disalurkan pada pihak berkepentingan.

Beberapa anggaran yang bersumber dari pusat tersebut yakni, Dana DAU,  DAK Fisik, Dana Insentif Pusat dan Dana Desa. Dalam proses pencairan dana ini, KPPN hanya bertugas mencairkannya ke kas daerah dengan prasyarat yang telah ditentukan.

Dicontohkannya, Dana Desa (DD) yang dicairkan dengan metode 40 persen pertama, 40 persen kedua dan terakhir sebesar 20 persen.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Tambah Doddy,  dalam pencairan dana desa tahap kedua, harus membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan tahap pertama, baru bisa mencairkan tahap kedua.

Lalu bagaimana dengan Dana Kelurahan?  Menurut Doddy, Dana Kelurahan masuk dalam Dana DAU. Tidak terpisah seperti dana desa. Penyalurannya pun, tidak melalui KPPN daerah tapi langsung dari KPPN pusat ke Kas Daerah (kasda).

Doddy memastikan, Media bisa dengan mudah mengakses data apapun yang berkaitan dengan anggaran rakyat yang disalurkan melalui KPPN Bima.

“Kawan-kawan Media yang menginginkan data soal penyaluran uang rakyat, silahkan. Kami terbuka saja, sepanjang itu bagian dari kewenangan kami, ” katanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ditegaskannya, dalam menjalankan tugas penyaluran dana rakyat, KPPN sama sekali tidak menerima apapun. Justeru lanjutnya, keberadaan KPPN untuk memacu daerah untuk memenuhi target pembangunannya.

“Salahsatu tugas kami, ya menggenjot pemda untuk segera merealisasikan anggaran yang sudah digelontorkan untuk pembangunan di daerah, ” pungkasnya. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bima menggelar “Sosialisasi PMK 62 Tahun 2023, Sosialisasi Implementasi SAKTI, Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran, dan Laporan Keuangan...

Opini

Oleh : Ratna Susilawati, S.Akun (Kepala Subbagian Umum KPPN Bima) “Kerja dimana? KPPN Bima” “KPPN? Dimana itu? Koperasi ya?” “Bukan, Kas Negara dulunya bu…”...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bima, memberikan apresiasi kepada sejumlah satuan kerja (Satker). Pemberian apresiasi itu berupa penghargaan untuk sejumlah kategori....

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Satu Kerja Lingkup Kantor Pelayanan Perbendaharaan negara (KPP) Bima, Kamis 8 Desember 2022 menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Polres Bima Kota, Kamis 8 Desember 2022 menerima dua kategori penghargaan dari KPPN Bima. Penghargaan diterima oleh Kasi Keuangan Polres Bima...