Ekonomi

Tahun 2020 Kabupaten Bima dapat Program Kube Terbanyak se-NTB

Kadis Sosial Kabupaten Bima dan Menteri Sosial DR. Juliari P. Batubara.

Bima, Bimakini.- Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima melalui Dinas Sosial untuk mendapat program bantuan bersumber dari Pemerintah Pusat patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, untuk Tahun 2020, Pemkab Bima terbanyak mendapatkan program Bantuan Sosial (Bansos) se NTB. Yakni 150 kelompok Usaha Bersama (Kube), 12 program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta 1 Sarana Prasarana Lingkungan (Sarling).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima, Drs. Sirajudin, MAp, menyampaikan, berdasarkan rekab Bansos Kube, RTLH dan Sarling untuk wikayah Provinsi NTB. Pemkab Bima berada diatas wilayah Kota dan Kabupaten lainnya.

“Selain mendapat program Kube, RTLH dan Sarling. Kabupaten Bima dapat tambahan 10 ribu KPM PKH,” ujarnya melalui selulernya, Jum’at (14/2).

Di samping itu, kata Kadis, tahun ini Pemkab Bima mendapatkan bantuan Donasi dari Indomaret untuk Pembangunan WC Komunal, Air Bersih dan Listrik Tenaga Surya di lokasi Rumah Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Soo Tanawu Desa Kuta Kecamatan Parado dengan total anggaran sebesar Rp. 560 juta.

“Program Donasi Indomaret hanya 6 Kabupaten di seluruh Wil KAT yg dapat bantuan ini. Salah satu nya lokasi KAT di Soo Tanawu Desa kuta,” jelasnya.

Kata dia, hal ini tentu harus disyukuri bersama, karena apa yang dilakukan tidak sia sia. Menurutnya, program tersebut akan direalisasikan tahun ini.

“Program tersebut tidak didapat begitu saja. Tapi hasil lobi langsung dengan Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kemensos RI,” ucapnya.

Dijelaskannya, untuk Kabupaten Lombok Barat mendapat program Kube 100, RTLH 14 dan tidak mendapat Sarling. Kemudian Kabupaten Dompu mendapat program Kube 10, RTLH 10 dan tidak mendapat Sarling.

“Sumbawa Barat dapat Kube 100, RTLH 10 dan mendapat 1 program Sarling. Begitu pun daerah lainnya berada dibawah Kabupaten Bima,” ungkapnya.

Dirinya berharap, program yang didapat membantu kesejahteraan masyarakat. Sehingga kemiskinan dapat ditekan,” tutupnya. (KAR)

Share
  • 430
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top