Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Anggaran BUMDes Bolo Mandiri Dipertanyakan

PMP2R saat audiensi minta Tanggung Jawab Pengurus BUMDes Bolo Mandiri.

Bima, Bimakini.- Anggaran Dana BUMDes Bolo Mandiri Desa Bolo, Kecamatan Madapangga senilai Rp 75 juta yang dikucurkan oleh Pemdes setempat melalui alokasi anggaran Tahun 2018/2019 dipertanyakan. Persatuan Mahasiswa dan Pemuda Peduli Rakyat (PMP2R) desa setempat meminta pertanggung jawaban pengurus.

Permintaan itu disampaikan saat audensi melibatkan beberapa unsur di aula kantor desa setempat, Senin (2/3).

“Pengurus BUMDes Bolo Mandiri harus bertanggung jawab terkait aliran dana tersebut. Karena itu anggaran bersumber dari pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat,” tutur Koordinator PMP2R Abdian Rijal Pahlawan, SH, Senin (2/3).

Kata dia, diduga kuat pengelolaan dana Bumdes melenceng jauh dari aturan karena penerima manfaat bukan dari kalangan pelaku usaha. “Mestinya  penerima manfaat harus pelaku usaha. Tapi realitanya pengurus lebih cenderung memberikan dana Bumdes tersebut kepada orang yang bukan pelaku usaha,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua BUMDes Bolo Mandiri, Leni Marlina, mengatakan, terkait anggaran dana tersebut memang senilai Rp 75 juta. Dengan rincian untuk pengadaan bibit jagung senilai Rp. 35 juta lebih dan sisanya untuk item simpan pinjam.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Untuk item simpan pinjam, sambung dia, sebagian penerima manfaat sudah mengembalikan dan sebagiannya belum mengembalikan sama sekali.

“Untuk penerima manfaat yang belum mengembalikan. Kita dan adik adik mahasiswa akan tagih yakni dari rumah ke rumah,” ujarnya.

Dijelaskannya, dirinya sudah undur diri dari Ketua Bumdes Bolo Mandiri yakni empat bulan lalu dengan alasan ikut calon BPD.

“Saya sudah undur diri dari Ketua Bumdes. Walau pun demikian tetap bertanggung jawab hingga pengembalian anggaran BUMDes,” tutupnya. (KAR)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Diduga gelapkan dana BUMDes Nggembe Tahun 2018 dan 2019. Idrus yang juga bendahara desa setempat diberhentikan sementara dari perangkat desa. Hal itu...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Rupanya dana BUMDes Nggembe, Kecamatan Bolo, selama empat tahun, yakni 2016, 2017, 2018 dan 2019 mengalir ke Bendahara Desa, Idrus. Hal itu ...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- BPD terpilih dan warga Desa Nggembe Kecamatan Bolo pertanyakan alokasi dana BUMDes selama 4 tahun dengan kisaran ratusan juta rupiah. Anggaran tersebut...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sekelompok warga mengatasnamakan diri Persatuan Masyarakat dan Pemuda (PMP) menggedor kantor Desa Timu, Kecamatan Bolo, Kamis (19/12).  Mereka menuntut berkaitan dengan Pengelolaan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Aliansi Pemuda Rasabou (APR) Kecamatan Bolo mengelaim Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) setempat amburadul. Seperti mekanisme kepengurusan BUMDes tidak jelas, karena pembentukan...