Olahraga & Kesehatan

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Puskesmas Bolo Semprot Disinfektan

Penyemprotan oleh petugas.

Bima, Bimakini.- Untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid – 19), jajaran Puskesmas Kecamatan Bolo melakukan penyemprotan disinfektan. Penyemprotan dilakukan  di seluruh area Puksemas selama dua hari, yakni Jum’at (20/3) dan Sabtu (21/3).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi pengunjung Puskesmas setempat.

Kepala Puskesmas Bolo, Nurjanah S. Kep, mengatakan, bahan untuk penyemprotan sangat mudah didapat yakni menggunakan Bayclin dicampur air. “Campuran 95 ml Bayclin dengan 905 ml air untuk menghasilkan 1000 ml larutan disinfektan. Kemudian disemprot pada permukaan yang sering disentuh,” terangnya.

Lanjut dia, saat ini Puskesmas setempat menon aktifkan kegiatan diluar gedung. Yakni tidak memberikan pelayanan Posyandu Keluarga di tiap tiap desa.

“Kalau masyarakat mengeluhkan penyakit yang tidak membahayakan. Sebaiknya berobat dirumah saja karena saat ini kita tidak melayani kunjungan pasien alami penyakit ringan,” tuturnya.

Terkait hal ini, Pemerintah Kecamatan telah membentuk Tim penanganan Covid – 19 melibatkan unsur lintas sektor di Bolo, seperti Polisi dan TNI.

“Tim tersebut berkoordinasi melalui WhatsApp. Jika ada gejala atau lainnya dapat disampaikan lewat WhatsApp,” ungkapnya.

Diimbaunya, cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan Virus Corona adalah menjaga kesehatan dan kebugaran agar stamina tubuh tetap prima dan sistem imunitas atau kekebalan tubuh meningkat, mencuci tangan dengan benar secara teratur menggunakan air dan sabun atau hand-rub berbasis alcohol, mencuci tangan sampai bersih selain dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan, tindakan ini juga merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah. Sekitar 98% penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting.

“Hindari kontak dengan orang lain atau bepergian ke tempat umum. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut (segitiga wajah) dan lainnya,” tukasnya.

Dirinya berharap, semua sadar untuk menerapkan imbauan dari pemerintah, karena untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini harus dilakukan secara bersama sama. (KAR)

Share
  • 12
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top