Olahraga & Kesehatan

Bupati Dompu Pastikan tidak Ada Warga Terjangkit Virus Corona

Bupati Dompu, H Bambang M Yasin saat memberikan keterangan disampingi sejumlah pejabat.

Dompu, Bimakini.-  Meluasnya informasi dan pemberitaan terkait adanya dugaan warga Kabupaten Dompu terjangkit virus Corona atau Covid – 19, membuat Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin angkat bicara. Dipastikannya informasi itu tidak benar.

“Saya pastikan tidak ada warga Dompu yang terkena Virus corona,” tegasnya kepada sejumlah wartawan di Pendopo Bupati Dompu, Rabu (4/3).

Dijelaskannya,  Dewi warga lingkungan Dore Kelurahan Simpasai, Kecamatan Woja Kabupaten Dompu itu, hanya mengalami sakit pilek dan demam biasa. Tidak terjangkiti virus corona seperti yang tersebar di medsos dan berita media.  Hanya saja tambah Bupati, Dewi menjadi obyek berita karena yang bersangkutan baru saja pulang dari negara Malaysia. “Puskesmas Dompu Barat hanya melakukan cek biasa karena dia baru pulang dari luar negeri,” katanya.

Namun menjadi viral  setelah petugas kesehatan mengenakan seragam APD saat melakukan pemeriksaan.

Ikut mendampingi bupati dalam keterangan persenya, Direktur RSUD Dompu, Sekretaris Kesehatan Dompu dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Bahwa warga yang diberitakan terjangkit corona itu hanya Influensa, demam serta pilek biasa. “Biasalah karena perubahan lingkungan dari Malaysia dan Dompu,” ujarnya menambahkan.

Jikapun terjangkiti, kata dia, sudah pasti dilakukan isolasi. Bupati mengakui setiap orang yang baru pulang dari luar negeru akan diambil sampel darahnya, dengan masa inkubasi 14 hari.

Pengambilan sampel darah itu bukan saja dilakukan pada Dewi, tapi kepada semua warga Dompu yang baru pulang dari luar negeri. Hal itu dilakukan untuk berjaga saja, apalagi setiap warga negara Indonesia melalui Bandar Udara maupun pelabuhan laut pasti dilakukan pemeriksaan. “Tidak akan bisa lolos dari pemeriksaan termasuk warga Dompu yang pulang daru luar negeri,” katanya.

Dia   meminta Dinas Kesehatan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat terkait gejala penyebaran virus corona. Caranya dengan menyebarkan brosur ke masyarakat. “Jangan lupa biasakan cuci tangan,” katanya. (JUN)

Share
  • 89
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top