Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Cegah Penyakit Septicemia Epizootica dan Anthrax, Ternak di Madapangga Divaksinasi

Ternak di Madapangga divaksin.

Bima, Bimakini.- Unit Penunjang Peternakan dan PKH Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, melakukan  vaksinasi SE. Ini  sebagai upaya pencegahan penyakit Septicemia Epizootica (SE/Penyakit ngorok) dan Penyakit Anthrax (AT) pada Kerbau, Sapi, Kuda, Kambing dan Domba. Serta untuk mencegah terjadinya penularan penyakit Rabies.

Kepala Unit Penunjang Peternakan dan PKH Madapangga, Akhyar Anis, SP, mengatakan, saat Vaksinasi sembari dilakukan pengkartuan ternak. Yakni mulai di Desa Bolo pada Senin (30/3). “Vaksinasi sudah dua hari. Kemarin di Desa Bolo dan sekarang di Desa Rade,” ujarnya, Selasa (31/3).

Setelah di Desa Rade, Vaksinasi dilanjutkan di Desa Dena pada Rabu (1/4), kemudian pada Kamis (2/4) di Desa Ndandi. “Untuk Desa Monggo dilakukan dua hari. Yakni pada Senin (6/4) dan Selasa (7/4),” terangnya.

Sambungnya, untuk Desa Ndano dilaksanakan pada Rabu (8/4). Setelah itu pada Kamis (9/4) Vaksinasi di lakukan di Desa Madawau. “Wilayah Desa Tonda pada Senin (13/4) dan Mpuri digelar pada Selasa (14/4),” ujarnya.

Setelah dua desa itu, pada Rabu (15/4) dan Kamis (16/4) Vaksinasi dilakukan di Desa Woro. “Terakhir di Desa Campa yakni pada Senin (20/4),” ungkapnya.

Dijelaskannya, pihaknya sudah melayangkan surat edaran yang disampaikan ke setiap Kepala Desa (Kades). Melalui surat tersebut, Kades dapat menyosialisasikan kepada masyarakat untuk siapkan lokasi dan kandang jepit. “Serta mempersiapkan ternak yang akan dilakukan vaksinasi dan pengkartuan,” tutupnya. (KAR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- UPP dan Puskeswan Kecamatan Bolo melakukan vaksinasi ternak peliharaan, Sabtu (22/6). Kepala UPP dan Puskeswan Kecamatan Bolo, Amran mengatakan, vaksinasi pada ternak...