Ekonomi

DKP Kabupaten Bima Pastikan Bantuan untuk Nelayan 2020 Meningkat

Kepala DKP Kabupaten Bima, Ir Hj Nurma,  M. Si

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten Bima, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan, terus menyalurkan bantuan khususnya bagi nelayan. Dipastikan, di tahun 2020 ini, bantuan yang akan diberikan akan meningkat.

Kepala DKP Kabupaten Bima, Ir Hj Nurma,  M. Si, mengaku bantuan di bidang kelautan dan perikanan sudah dimaksimalkan, termasuk di beberapa desa pesisir Kecamatan Langgudu.  “Kami sudah berupaya maksimal memberikan bantuan sesuai tingkat kebutuhan dasar masyarakat nelayan, walau ada beberapa yang belum bisa dibantu, tahun 2020 ini akan kami tingkatkan dan itu sudah dalam perencanaan,” kata Nurma di Langgudu, Rabu (11/3).

Kata dia, bantuan yang telah diserahkan berupa alat jaring atau pukat, alat navigasi, dokumen kapal perikanan serta bantuan modal pinjaman nelayan. “Bantuan yang diberikan kepada nelayan selama ini, merupakan bukti kepedulian pemerintah melalui bantuan yang sudah terprogram,” ujarnya.

Bantuan yang diberikan diharapkannya dapat bermanfaat dan membuat nelayan semakin termovitasi bekerja. Demikian juga dengan penghasilan diharapkan membaik, sehingga perekonomian ikut naik.

“Kami juga sudah membentuk tim bersama stakeholder berkaitan dengan perikanan dalam rangka pemberdayaan nelayan dan pembinaan dan pengawasan terhadap nelayan,” katanya.

“Harapan kita dengan adanya bantuan agar dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh nelayan sehingga bisa bermanfaat buat profesi masyarakat sebagai nelayan,” tambahnya.

Sementara Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, mengimbau kepada seluruh nelayan tidak merusak lingkungan untuk menangkap ikan. “Jangan ada nelayan ngebom, nyetrum atau melakukan pengrusakan lingkungan demi menangkap ikan. Kita sudah menerbitkan peraturan bupati soal ini, agar kita semua bisa bersama menjaga lingkungan,” pesannya.

Kata dia, Langgudu memliki potensi laut berlimpah. “Teruslah berbuat membantu program pemerintah di bindang keluatan dan perikanan agar berkembang,” katanya. (MAN)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top