Pemerintahan

Imbas Virus Corona, Pembangunan Perpustakaan, Jalan dan Sanitasi Ditunda

Fakhruranji

Kota Bima, Bimakini.- Imbas virus Corona berdampak pada penundaan pembangunan gedung  perpustakaan di Kota Bima senilai Rp 10 miliar tahun 2020. Hal itu setelah adanya surat dari Kementerian Keuangan RI meminta pembatalan pengadaan barang dan jasa bersumber anggaran DAK Fisik.

Sementara alokasi dana untuk pembangunan gedung perpustakaan di Kota Bima dari DAK fisik. Belum lagi beberapa rencana pembangunan lainnya, seperti jalan, sanitasi, rehab rumah tersebar pada program Dinas PUPR, Dinas Perkim, Dikes dan Dikbud serta Dinas Pariwisata, terhambat.

Kepala Bapedda dan Litbang Kota Bima, Ir H Fakhruranji di konfirmasi, Ahad (29/3) mengakui DAK Fisik di Dinas PUPR yang meliputi pengerjaan jalan dan air bersih, kemudian di Dinas Pariwisata, Perpustakaan senilai Rp 10 miliar dan anggaran  DAK Fisik di Dinas Perumahan dan Pemukiman seperti program BSPS dipastikan akan ditunda pelaksanannya di tahun 2020 ini.

Fakhruranji belum menghitung pasti jumlah anggarannya. “Belum bisa saya pastikan, berapa pastinya. Tapi DAK Fisik kita tahun ini,” ungkapnya.

Sejauh ini, pihaknya belum mengetahui pasti apakah DAK Fisik tersebut akan diambil kembali oleh pemerintah pusat, atau tetap diberikan ke daerah untuk penanganan covid-19. “Atau akan ditangguhkan penggunaannya dengan tetap menyimpannya di kas Negara,” ujarnya.

Dalam surat itu, Pemerintah Pusat mengatakan  putusan bersifat Sangat Segera, yakni Penghentian Proses Pengadaan Barang Jasa Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik TA 2020 27 Maret 2020.

“Hari ini, kami akan menggelar rakor untuk menindaklanjuti putusan kementerian keuangan tersebut. Termasuk, untuk membahas tekhnis pelaksanaan atas dampak yang muncul setelah ditunda, ” pungkas Fakhrunraji. (DED)

Share
  • 32
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top