Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Keterampilan Guru Seni Budaya Perlu Ditingkatkan

Peserta Sosialisasi dan Bimbingan Tekhnis.

Kota Bima, Bimakini.- Peningkatan keterampilan guru mata pelajaran Seni Budaya SMA/SMK sangat diperlukan guna menghasilkan guru berkualitas dalam pelaksanaan proses belajar-mengajar di sekolah. Hal itu diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang memiliki disiplin tinggi dan berbudi pekerti luhur.

Pernyataan tersebut disampaikan L. Suryadin Lawarman, Kasi Kesenian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) saat menghadiri acara Koordinasi dan Sosialisasi Bimbingan Teknis Gelar Tari di aula TK. Pembina Kota Bima, Selasa (10/3/2020).

Suryadin memaparkan tentang pentingnya pengembangan tradisi dan budaya di daerah, salah satunya adalah pengembangan seni tari. Selain para seniman, kreativitas guru seni dan budaya juga sangat diperlukan guna menghasilkan guru yang memiliki kemampuan yang mumpuni untuk mendidik siswa agar mencintai budayanya sendiri. “ Saat ini, banyak guru yang mengajar mata pelajaran seni dan budaya tetapi sama sekali tidak memiliki latar belakang pendidikan yang relevan dengan mata pelajaran yang diampu tersebut, dan ini adalah salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintah,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, salah satu cara untuk mengatasi masalah itu adalah dengan memberikan bimbingan teknis bagi para guru, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kreativitasnya dalam mendidik siswa. “ Nantinya kita akan mengadakan bimbingan teknis bagi para guru dan seniman mulai dari menciptakan gerakan tari sampai tari itu dipentaskan, jadi dengan begitu para guru dapat belajar tentang cara mengembangkan kreativitas dalam dunia seni,’ imbuhnya.

Rencananya pada 2 April mendatang pemerintah Kota Bima akan menyelenggarakan Bima Karnaval Tenun, dimana saat karnaval para peserta akan menggunakan pakaian adat Bima. Selain itu juga akan diadakan pagelaran seni dimana para penggiat seni dapat unjuk kebolehan baik menyanyi, tari-tarian dan membaca puisi. (ARN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait