Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Pacuan Kuda Pantai Papa Dimulai, Dua Kuda Gubernur NTB Ambil Bagian

Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan, MPd saat membuka pacuan kuda tradisional Pantai Papa, Lambu.

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs H Dahlan HM Noer, MPd, membuka event pacuan kuda tradisional pantai Papa di Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Senin (2/3).  Kehadiran Wabup juga sebagai Ketua Pordasi NTB ini disambut antusias pecinta kuda pacuan kuda.

Ketua Panitia Pacuan Kuda Tradisional Pantai Papa Kecamatan Lambu, Mujakir,  menyampaikan, event ini terlaksana berkat kerja sama masyarakat Kecamatan Lambu dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bima.

“Alhamdulillah kegiatan ini bisa terlaksana ketiga kalinya di Pantai Papa Kecamatan Lambu, tujuan pacuan kuda tradisional pantai ini untuk melestarikan budaya daerah,” ujarnya.

Kata dia, jumlah kuda pacuan yang terdaftar pada hari pertama ini, sebanyak 186 ekor kuda. Berasal dari Kabupaten Bima, Kota Bima, Kabupaten Dompu, Sumbawa, bahkan dua ekor kuda milik Gubernur NTB.

Dia juga mengapresiasi, Pemerintah Kabupaten Bima telah memasuka pacuan kuda pantai ini dalam Kelender resmi Pemerintah Kabupaten Bima.

“Semoga pacuan kuda pantai ini terlaksana dengan baik setiap tahunnya dengan kucuran dana dari Pemerintah yang memadai dan memiliki fasilitas mendukung pelaksanaan,” kata dia.

Sementara Wakil Bupati Bima Drs. H Dahlan HM. Noer, M. Pd, mengapresiasi adanya inisiatif masyarakat Lambu mengadakan event pacuan kuda tradisional pantai Papa. Pacuan kuda ketiga kalinya ini, diharapkan membawa dampak yang positif untuk pariwisata Kabupaten Bima.

“Pacuan kuda adalah warisan budaya nenek moyang terdahulu, kita sebagai generasi, dapat dilestarikan lebih baik untuk kemajuan dan pengembangan daerah kedepan,” ujarnya.

Kata dia, pacuan kuda tradisional pantai Papa dapat menumbuhkan ekonomi kreatif masyaralat. Perekonomian akan berputar di arena pacuan.

“Kami akan memperhatikan dan membantu kejaraan ini supaya terlaksana dengan baik, saya juga berharap dukungan dan kerja sama dari anggota DPRD Dapil V untuk mensopurt,” katanya. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.- Ketua Komisi Pacu, Pordasi NTB,  Mulyono mengaku sangat terbuka untuk membahas solusi terbaik terkait dengan polemik joki cilik. Pria yang akrab...

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengaku takjub setelah melihat kelincahan joki cilik di arena pacuan...

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.-  Janji Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE dan Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M. Noer, M. Pd, untuk menggelar pacuan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Meski bukan event resmi dan di tengah pandeo Covid19, lomba pacuan kuda di Desa Panda, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, selalu ramai. Seperti...

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, menutup kejauraan pacuan kuda tradisional Pantai Papa, Kecamatan Lambu, Kabupaten  Bima, Ahad (8/3). Bupati juga...