Olahraga & Kesehatan

Pacuan Kuda Pantai Papa Dimulai, Dua Kuda Gubernur NTB Ambil Bagian

Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan, MPd saat membuka pacuan kuda tradisional Pantai Papa, Lambu.

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs H Dahlan HM Noer, MPd, membuka event pacuan kuda tradisional pantai Papa di Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Senin (2/3).  Kehadiran Wabup juga sebagai Ketua Pordasi NTB ini disambut antusias pecinta kuda pacuan kuda.

Ketua Panitia Pacuan Kuda Tradisional Pantai Papa Kecamatan Lambu, Mujakir,  menyampaikan, event ini terlaksana berkat kerja sama masyarakat Kecamatan Lambu dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bima.

“Alhamdulillah kegiatan ini bisa terlaksana ketiga kalinya di Pantai Papa Kecamatan Lambu, tujuan pacuan kuda tradisional pantai ini untuk melestarikan budaya daerah,” ujarnya.

Kata dia, jumlah kuda pacuan yang terdaftar pada hari pertama ini, sebanyak 186 ekor kuda. Berasal dari Kabupaten Bima, Kota Bima, Kabupaten Dompu, Sumbawa, bahkan dua ekor kuda milik Gubernur NTB.

Dia juga mengapresiasi, Pemerintah Kabupaten Bima telah memasuka pacuan kuda pantai ini dalam Kelender resmi Pemerintah Kabupaten Bima.

“Semoga pacuan kuda pantai ini terlaksana dengan baik setiap tahunnya dengan kucuran dana dari Pemerintah yang memadai dan memiliki fasilitas mendukung pelaksanaan,” kata dia.

Sementara Wakil Bupati Bima Drs. H Dahlan HM. Noer, M. Pd, mengapresiasi adanya inisiatif masyarakat Lambu mengadakan event pacuan kuda tradisional pantai Papa. Pacuan kuda ketiga kalinya ini, diharapkan membawa dampak yang positif untuk pariwisata Kabupaten Bima.

“Pacuan kuda adalah warisan budaya nenek moyang terdahulu, kita sebagai generasi, dapat dilestarikan lebih baik untuk kemajuan dan pengembangan daerah kedepan,” ujarnya.

Kata dia, pacuan kuda tradisional pantai Papa dapat menumbuhkan ekonomi kreatif masyaralat. Perekonomian akan berputar di arena pacuan.

“Kami akan memperhatikan dan membantu kejaraan ini supaya terlaksana dengan baik, saya juga berharap dukungan dan kerja sama dari anggota DPRD Dapil V untuk mensopurt,” katanya. (MAN)

Share
  • 997
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top