Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pembangunan Rumah Relokasi Banjir Mangkrak?

Kondisi perumahan relokasi banjir.

Kota Bima, Bimakini.- Pembangunan rumah relokasi bagi warga korban banjir bandang tahun 2016 dan bantaran sungai hingga awal tahun 2020 tidak kunjung tuntas. Salah satunya pengaspalan jalan pemukiman.

Termasuk belum tersedianya air bersih, sarana prasarana pendukung lainnya. Padahal alokasi anggaran untuk pekerjaan sarana prasarana pendukung jalan, drainase dan talud, air bersih, listrik telah di anggarkan  dalam APBD tahun 2019 lalu.

Pantauan Bimakini.com, Rabu (11/3) di pemukiman relokasi Kadole, Kelurahan Oi Fo’o, ternyata belum sedikitpun disentuh. Hanya pekerjaan talud dan drainase saja dikerjakan.

Sementara pemukiman relokasi berada di Kelurahan Oi Fo’o sendiri hingga saat ini belum bisa di tempati. Karena belum tersedianya air bersih, pun di Kelurahan Jatibaru.

Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi,SE  dikonfirmasi membantah mangkraknya pembangunan kawasan rumah relokasi banjir. Untuk pekerjaan aspal jalan di kawasan relokasi Kadole memang sengaja di tunda. Alasannya karena jalan dimaksud masih dilalui kendaraan berat melanjutan pembangunan rumah relokasi di belakang.

Untuk menghindari kerusakan aspal jalan tersebut, kata dia, sementara ditunda. “Kalau diaspal, rusak lagi nantinya, makanya ditunda dulu,” ujarnya.

Untuk Oi Fo’o diakuinya belum ada ketersediaan air, namun saat ini terus diupayakan. Sisa rumah relokasi saat ini terus digenjot. Apalagi jumlahnya masih banyak. Total yang dibangun 1.228 unit dan baru terbangun setengahnya.

Soal waktu relokasi warga, Wali Kota tidak bisa memberikan kepastian. Karena masih menunggu penyelesaian pengerjaan sarana dan prasarana pendukung. (DED)

Share
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, akan membangun 185 unit rumah khusus untuk masyarakat terdampak bencana banjir tahun...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wakil Ketua DPRD kota Bima, Syamsurih, SH menyesalkan sikap pejabat Perkim dan BPBD saling tunjuk soal lahan relokasi banjir di kawasan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Perkim dan BPBD Kota Bima saling tunjuk siapa paling bertanggungjawab terhadap pengadaan lahan pembangunan rumah relokasi banjir di Kawasan Kadole....

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Ternyata keengganan waga bantaran sungai di Kelurahan Paruga untuk pindah ke rumah relokasi banjir di wilayah Kadole disebabkan belum adanya fasilitas...