Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pembangunan Rumah Relokasi Banjir Mangkrak?

Kondisi perumahan relokasi banjir.

Kota Bima, Bimakini.- Pembangunan rumah relokasi bagi warga korban banjir bandang tahun 2016 dan bantaran sungai hingga awal tahun 2020 tidak kunjung tuntas. Salah satunya pengaspalan jalan pemukiman.

Termasuk belum tersedianya air bersih, sarana prasarana pendukung lainnya. Padahal alokasi anggaran untuk pekerjaan sarana prasarana pendukung jalan, drainase dan talud, air bersih, listrik telah di anggarkan  dalam APBD tahun 2019 lalu.

Pantauan Bimakini.com, Rabu (11/3) di pemukiman relokasi Kadole, Kelurahan Oi Fo’o, ternyata belum sedikitpun disentuh. Hanya pekerjaan talud dan drainase saja dikerjakan.

Sementara pemukiman relokasi berada di Kelurahan Oi Fo’o sendiri hingga saat ini belum bisa di tempati. Karena belum tersedianya air bersih, pun di Kelurahan Jatibaru.

Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi,SE  dikonfirmasi membantah mangkraknya pembangunan kawasan rumah relokasi banjir. Untuk pekerjaan aspal jalan di kawasan relokasi Kadole memang sengaja di tunda. Alasannya karena jalan dimaksud masih dilalui kendaraan berat melanjutan pembangunan rumah relokasi di belakang.

Untuk menghindari kerusakan aspal jalan tersebut, kata dia, sementara ditunda. “Kalau diaspal, rusak lagi nantinya, makanya ditunda dulu,” ujarnya.

Untuk Oi Fo’o diakuinya belum ada ketersediaan air, namun saat ini terus diupayakan. Sisa rumah relokasi saat ini terus digenjot. Apalagi jumlahnya masih banyak. Total yang dibangun 1.228 unit dan baru terbangun setengahnya.

Soal waktu relokasi warga, Wali Kota tidak bisa memberikan kepastian. Karena masih menunggu penyelesaian pengerjaan sarana dan prasarana pendukung. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Bencana angin puting beliung  menerjang Perumahan Relokasi Korban Banjir di Oi Foo Kamis, 9 November 2023 pukul 15.00 WITA menyebabkan sejumlah...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Selain menjadi “destinasi wisata” baru,  lokasi relokasi rumah dampak banjir di Tambe, juga justru menjadi pusat tempat perkelahian. Hal itu membuat tidak...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Lokasi relokasi rumah dampak banjir di Desa Tambe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai kecamatan. Kondisi itu menjadikan tempat...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pengerjaan proyek relokasi rumah dampak banjir di Desa Tambe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima molor. Sedianya kegiatan tersebut berakhir pada bulan Desember Tahun...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Mega proyek relokasi rumah dampak banjir di Desa Tambe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima menuai masalah. Pasalnya, bahan material seperti pasir dan bata...