Pemerintahan

Pemda Bima Belum Keluarkan Larangan Sholat Berjamaah di Masjid

Kasubag Humas Protoler Chanda Kusuma, AP.

Bima, Bimakini.- Berbeda dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bima,  Pemkab Bima belum mengeluarkan larangan shalat berjamaah di masjid. Belum dikeluarkannya larangan itu, karena harus dikoordinasikan dengan MUI.

“Sampai hari ini, Pemda Bima belum mengeluarkan edaran untuk mentiadakan sholat jumat, kami akan koordinasikan lebih dulu bersama MUI,” kata Bupati Bima melalui Kasubag Humas Protoler Chanda Kusuma, AP, Jumat (27/3).

Dia mengaku, sebelumnya Bupati Bima sudah mengeluarkan imbauan pencegahan penanganan penyebaran virus Covid – 19. “Bupati sudah mengeluarkan imbauan untuk tidak berkumpul atau jaga jarak dengan yang lain, kita berharap masyarakat bersikap cermat terkait dengan ini, karena masalah wabah Corona bisa menyebar kapan saja, kita tidak tahu siapa yang membawa,” ujarnya.

Bupati mengimbau masyarakat, apabila melaksanakan sholat berjamaah di masjid, menggunakan masker atau alat pelindung diri (APD). Sehingga tidak menerima penularan atau tidak menularkan pada yang lain.

“Kita akan bisa melindungi diri dan saudara-saudara kita, dengan memakai APD dan masker dan mencuci tangan pakai sabun,” katanya.

Untuk itu, kata dia, Pemda masih membutuhkan araham MUI terkait larangan sholat berjamaah ini. “Kalau beberapa daerah yang sudah menerapkan itu, saya rasa memiliki pertimbangan sendiri, kami membutuhkan arahan dari MUI dulu,” jelasnya.

Chanda percaya masyarakat bisa melindungi diri, karena sudah mengeluarkan edaran menghindari kerumunan.  “Kita sudah imbau masyarakat agar dirumah saja, kami yakin masyarakat Kabupaten Bima sudah cerdas menyikapi ini dan untuk yang melaksanakan sholat jumat berjamaah agar menggunakan masker dan APD,” katanya.

Bupati juga mengimbau kepada masyarakat yang baru pulang dari luar daerah atau luar Negeri, untuk isolasi diri di rumah. “Kalau ada gejala, segera laporkan ke Puskesmas terdekat, supaya bisa dicek dan dipantau kesehatannya, kalau memang ada tanda mengarah, Pemerintah bisa ambil tindakan lebih cepat lagi,” katanya. (MAN)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top