Ekonomi

Pemdes Tente Cairkan Kredit Simpan Pimjam Malalui BUMDes

Wabup Bima, H Dahlan saat menyerahkan dana pinjaman BUMDes Tente kepada nasabah.

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa Tente, mencairkan dana kredit simpan pinjam kepada 34 nasabah dari desa setempat. Pencairan dari dana BUMDes Maja Labo Dahu.

Pencairan tersebut dihadiri Wakil Bupati Bima Drs H Dahlan HM Noer, MPd, Selasa (3/3).

“Kami mencairkan dana BUMDes maja labo dahu untuk 34 nasabah dari desa Tente. Dana yang dikelola BUMDes ini berbentuj dana simpan pinjam bagi masyarakat usaha kecil,” kata Kepala Desa Tente Azhar, SE.

Peresmian sekaligus penyerahan dana simpan pinjam tersebut, hadiri Wakil Bupati, Ketua BPD dan Direktur  BUMDes Tente.

Kata Azhar, pencairan tahap pertama untuk 34 nasabah ini, masing-masing Rp2 juta. Pembayaran sistem harian dengan bunga 2 persen per bulan.

“Pengembalian per hari hanya Rp2 ribu, dalam jangka waktu selama 3 bulan. Jika dikalkulasikan bunga selama 90 hari Rp180 ribu,” kata Azhar.

Pengembalian bunga Rp2 ribu perhari ini, sangat meringankan nasabah atau UKM. Total yang dicairkan sebanyak Rp67 juta tahap pertama.

“Kita memiliki dana 100 juta lebih untuk BUMDes yang dijadikan dana simpan pinjam, tapi yang bisa dicairkan 80 persen, sementara 20 persennya belanja alat dan gaji karyawan BUMDes,” terangnya.

“Direktur digaji Rp1 juta, sekretaris dan bendahara masing-masing Rp750 ribu, yang kita kejar bukan untung,” katanya.

Sebagai Kepala Desa yang baru terpilih, dirinya mengajarkan pada staf dan karyawan BUMDes, bukan keuntungan yang dikejar,  tapi melayani masyarakat. Pada tahun pertama kepemimpinannya, Azhar sudah menunjukan transparansi dalam mengelola Dana Desa.

Didepan Wakil Bupati Bima, Azhar berharap, bisa mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah berupa dana hibah. Sebab dia menilai, dana desa tidak mampu dikerjakan pada satu kegiatan, sementara dalam APBDes banyak item.

“Kita akan melihat keberhasilan BUMDes dan Pemdes dalam tiga bulan kedepan, kalau sukses dan lancar, maka saya akan perjuangkan untuk mendapatkan dana hibah,” katanya.

Wabup Bima, H Dahlan berharap BUMDes di 191 bisa melakukan hal yang sama. Berbuat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan berkontribusi bagi Desa.

“Dana BUMDes tidak bisa digunakan seperti keinginan masyarakat, kalau sudah dipinjam, harus dikembalikan supaya bergantian dengan masyarakat yang lainnya,” ujarnya. (MAN)

Share
  • 281
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top