Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

PWI NTB Siap Wujudkan Ekosistem Pers yang Sehat dan Mencerdaskan

Mataram, Bimakini.- Pers merupakan salah satu pilar demokrasi. Indikator demokrasi yang harus dimilikinya salah satunya adalah Pers yang mencerdaskan.

Peranan para wartawan bisa menentukan arah pembangunan daerah dan bangsa di masa yang akan datang. Salah satu alasannya, karena para wartawan merupakan sosok yang sangat dekat dengan masyarakat beserta seluruh persoalan yang ada.

Kehadiran wartawan yang tergabung dalam PWI sebagai penyokong Dewan Pers ini, betul-betul bisa memberikan dampak luas bagi terciptanya solusi atau menjadi problem solver di tengah-tengah masyarakat saat ini, khususnya di NTB.

“Kami mengajak teman-teman wartawan semua, mari kita bersinergi dan berkolaborasi mengabarkan Nusa Tenggara Barat menjadi tempat yang aman, tempat yang nyaman melalui pemberitaan-pemberitaan yang positif, sehat, berimbang karena akan sangat menentukan masa depan Provinsi Nusa Tenggara Barat,” jelas Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Najamuddin Amy S.Sos. M.M, mewakili Gubernur NTB saat membuka Konferensi Provinsi Persatuan wartawan Indonesia (PWI) NTB, di Desa Tete Batu, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Sabtu (29/2/2020).

Bang Najam menjelaskan, sebagai pilar demokrasi yang mencerdaskan, para wartawan tentunya dituntut untuk terus meningkatkan kapasitas diri dengan terus belajar dan mengupgrade kapasitasnya. Profesi wartawan harus betul-betul menjadi acuan bagi ikhtiar mewujudkan kecerdasan masyarakat.

“Saya setuju bahwa uji kompetensi wartawan harus segera dilaksanakan. Dengan diikutinya UKW maka wartawan akan memiliki kompetensi yang baik dan mampu memenuhi kriteria demokrasi yang berkecerdasan,” ungkapnya.

Ia berharap kepengurusan atau kepemimpinan PWI NTB yang akan terbentuk, mampu mengintegrasikan seluruh kekuatan yang dimiliki oleh para wartawan dari seluruh Nusa Tenggara Barat. Kerjasama pun harus ditingkatkan agar menjadi kekuatan yang kolaboratif dan sinergi dengan seluruh stakeholder, bukan hanya dengan pemerintah tetapi juga dengan dunia usaha dengan masyarakat sehingga kehadiran Persatuan Wartawan Indonesia betul-betul dirasakan manfaat dan eksistensinya.

Sementara itu, Ketua PWI NTB terpilih, Nasruddin, menjelaskan pola kemitraan pers dengan seluruh stakeholder menjadi kaharusan di masa yang akan datang. Maka langkah yang akan dilakukan untuk mendukung pola kemitraan atau kerjasama itu adalah, menciptakan ekosistem pers sehat.

“Tidak ada tangan di atas, tidak ada tangan di bawah. Yang ada adalah jabat tangan, sejajar dan berimbang,” ungkapnya pada kegiatan yang berlangsung 28 Februari – 1 Maret 2020 itu.

Kalau ekosistem pers sehat katanya, maka output yang dihasilkan juga akan sehat. Sehingga akan memberikan dampak kesejahteraan bagi para awak media. Pers yang sehat lanjutnya, harus lahir dari wartawan yang sehat. Cara terbaik katanya melalui rekrutmen yang profesional.

Kegiatan konferensi itu diikuti seluruh wartawan cetak, online dan penyiaran di seluruh kabupaten/kota se NTB. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

CATATAN KHAS KMA

  TADI malam saya benar-benar kaget. Juga sangat berduka. Saat mengikuti tausyiah Prof Ahmad Thib Raya di Salama, saya menerima kabar duka itu. Saya...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Ada yang menarik dari nawaitu pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Bima periode 2020-2023. Mereka ingin membangun kebersamaan bagi wartawan dan kemitraan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Salah seorang sesepuh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Bima, Khairuddin M Ali, menyarankan secepatnya membentuk pengurus baru menyusul kepengurusan yang lama sudah...

Peristiwa

Dompu, Bimakini.com.-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Dompu, Rabu (7/11), menggelar acara rapat evaluasi akhir tahun 2013. Kegiatan itu di kafe Pondok Rasa  itu dihadiri...

Peristiwa

Dompu, Bimakini.com.- Memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Dompu menggelar diskusi. Temanya  ‘Dari Anda untuk Anda’. Diskusi diikuti...