Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Survey Indodata, IDP Tertinggi, Tapi Kepuasan Publik ke Petahana Menurun

Jakarta, Bimakini.- Lembaga Indodata, merilis hasil survey Pilkada Kabupaten Bima 2020. Kabupaten Bima dinilai salah satu wilayah  sentral di wilayah Indonesia Timur yang menarik untuk dicermatai.

Dari rilis yang diterima Bimakini.com, Indodata telah melakukan survei pada tanggal 1 Maret – 14 Maret 2020 dengan metode multy stage random sampling pada 400 responden yang tersebar pada 18 Kecamatan. Jumlah  responden 10 persen pada setiap desa. Responden terdiri dari 50 persen perempuan dan 50 persen laki-laki, dengan margin error sebesar 4,9 persen.

Direktur Eksekutif Indodata, Danis T.S Wahidin, S.IP, M.IP menyampaikan dalam rilisnya, hasil survei pada pilkada Kabupaten Bima ini memperlihatan sejumlah hasil temuan. Diantaranya, tingkat kepuasan publik terhadap incumbent masih rendah.

Namun incumbet masih memiliki potensi yang kuat dengan tingkat popularitas, akseptabilitas, elektabilitas yang tinggi. Indodata menyurvay sejumlah tokoh yang berpotensi menjadi kepala daerah.

Indah Damayanti Putri (IDP) memeroleh hasil survey  24,5 persen,  Adi Mahyudi 11.50 persen, Nimran Abdurahman 5,75 persen, Dahlan M. Nur 5,25 persen, M. Aminurlah 4,25 persen, Syafrudin 1,25 persen, Herman 1,00 persen, dr. Irfan 1,00 persen dan kandidat lainnya memiliki elektabilitas dibawah 1,00 persen.

“Pemilih mengambang masih sangat tinggi, sehingga tinggkat perubahannya bisa mencapai lebih dari 90 persen,” bebernya.

Metode pengumpulan data sendiri, kata dia, menggunakan kuisioner wawancara tatap muka. Calon kepala daerah yang akan dipilih masyarakat sangat bergantung pada perilaku pemilih.

Perilaku pemilih pada Pemilu 2020
dapat diukur dengan metode ilmiah melalui survei persepsi pemilih Kepala daerah dan Pilkada 2020. Hasil survei tersebut dapat menjadi informasi tentang kekuatan dan kelemahan partai serta persiapan kandidat untuk menghadapi masa kampanye Pilkada 2020.

Hasil survei juga dapat menjadi referensi dalam merumuskan strategi yang tepat, mengetahui kekuatan dan kelemahan kepala daerah lainnya. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Politik

Bima, Bimakini.- Aliansi Mahasiswa Peduli Indonesia (AMPI) akan menggelar diskusi publik tentang demokrasi di Bima, di Suhendar Coffee (Penatoi Kota Bima), Jumat 28 April...

Politik

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M Noer, MPd, menggelar syukuran sekaligus memberikan penghargaan pada tim pemenangan IDP-Dahlan yang sukseskan meraih suara...

Politik

Bima, Bimakini.- KPU Kabupaten Bima menggelar kegiatan pembubaran badan AD Hoc dan pemberian penghargaan. Kegiatan tersebut secara simbolis diikuti oleh seluruh anggota Panitia Pemilihan...

Politik

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, Kamis (4/3) memberikan penghargaan dan apresiasi kepada sejumlah stakeholder. Apresiasi diberikan dalam bentuk sertifikat dan plakat...

Politik

Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, mengelar Focus Group Discution (FGD) tentang Evaluasi dan Pelaporan Tahapan Pemilihan Tahun 2020 di Hotel Marina...