Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Tahun ini, Pemkab Bima dapat Program P3BTP

Chairul Munir

Bima, Bimakini.- Tahun 2020 ini, Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) mendapat program Pengembangan Petani Produksi Benih Tanaman Pangan (P3BTP). Program tersebut merupakan bersumber dari Direktorat Perbenihan Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Kepala Distanbun Kabupaten Bima melalui Kabid Tanaman Pangan, Chairul Munir membenarkan adanya bantuan program tersebut untuk Tahun 2020 ini. Program ini merupakan pertama kali untuk Kabupaten Bima.

“Program ini merupakan berkat lobi Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri SE dalam memajukan sektor pertanian di daerah,” ujarnya, Senin (9/3).

Terkait dengan program tersebut, Kabupaten Bima diberikan jatah 500 hektar. Yakni untuk tanaman Kedelai 400 hektare dan padi 100 hektare.

“Kalau total dari program tersebut sekitar Rp 1 miliar bersumber dari APBN Tahun 2020,” tuturnya.

Kata dia, untuk lokasi program tersebut yakni di Kecamatan Bolo 100 hektar kadelai, Kecamatan Lambu 200 hektare kadelai, dan Palibelo masing-masing 100 hektare kadelai dan padi.

“Tiga lokasi itu menjadi sentral pengembangan program tersebut. Dan kita pilih lokasi itu karena berpotensi dalam suksesnya program,” terangnya.

Lanjutnya, untuk saat ini program tersebut sedang dalam pemberkasan. Selanjutnya akan dikirim ke Provinsi NTB yang nantinya mereka akan turun verifikasi kesiapan lapangan.

“Insya ALLAH program ini akan mulai jalan sekitar Mei mendatang,” pungkasnya.(KAR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Tahun 2018 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima, melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) mendapatkan anggaran penanaman tebu sebesar Rp 8 miliar. Bantuan...