Pemerintahan

Warga Kota Bima Ngotot Gelar Acara Keramaian, Dipidana

H Muhammad Lutfi, SE

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE, berkoordinasi dengan pihak Polres Bima Kota untuk mempidanakan warga yang masih nekat menggelar acara keramaian.  Juga melarang warga di luar daerah  pulang ke Kota Bima.

Larangan dan ancaman pidana itu bagian dari isi maklumat Wali Kota Bima, yang disampaikan Ahad (29/3).

Selain itu, Wali Kota Bima meminta aparat pemerintah pada tingkat kelurahan, bersama Babinsa, dan Bhabinkamtibmas tetap melakukan pengawasan di wilayah masing-masing. Diharapkan pula koordinasi antara Camat dan Lurah dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas ditingkatkan.

Terutama memberikan pengertian kepada   warga yang tidak mengindahkan imbauan yang telah dikeluarkan pemerintah.  Yaitu larangan  menggelar acara yang mengumpulkan massa dalam jumlah banyak, baik di tempat ibadah, Masjid, Gereja, Pura, Vihara dan Klenteng, atau  ditempat umum lainnya.

Bagi yang melanggar akan dikenakan Undang-undang Nomor 1 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular. Pasal 14 ayat (1) Menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah, diancam pidana penjara 1 tahun dan/atau denda Rp 1.000.000. Ayat (2), karena kealpaannya mengakibatkan terhalangnya pelaksanaan penanggulangan wabah diancam kurungan 6 bulan dan/atau denda Rp 500.000.

Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi, SE berharap agar maklumat ini benar-benar dijalankan. Camat/Lurah melalui RT/RW, organisasi wanita, organisasi kepemudaan bersama-sama menyosialisasikan maklumat  ini kepada masyarakat.

“Kita perlu bergandeng tangan bersama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat agar bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 atau virus corona ini,” ujarnya. (DED)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top