Olahraga & Kesehatan

Waspada Virus Corona, Tapi Jangan Panik

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayantii Putri, SE mengecek kesiapan RSUD Bima sebagai rujukan pasien suspeck virus corona beberapa waktu lalu.

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri SE, mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai  Virus Corona. Imbauan disampaikan melalui surat edaran (SE)  yang  ditujukan kepada Kepala Perangkat Daerah,  Camat, Puskesmas untuk meningkatkan kewaspadaan atas penyebaran Virus Corona.

Mengingat Virus Corona saat ini sudah menyebar ke 100 Negara. Meski demikian,  bupati menghimbau masyarakat agar tetap tenang.

“Jangan panik dan selalu menjaga kesehatan dengan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai bentuk kewaspadaan,” katanya.

Bupati juga mengingatkan agar masyarakat lebih waspada bila muncul gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan, demam. Disarankan segera berobat ke fasilitas kesehatan terdekat, yaitu Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

“Saya mengimbau agar masyarakat menjalankan pola hidup sehat seperti rajin mencuci tangan dengan sabun minimal 20 detik, menghindari memegang area muka, mulut dan hidung bila tangan belum dicuci. Gunakan masker saat sakit, batuk, pilek atau flu dan berada di area rumah sakit termasuk tempat keramaian,” sarannya.

Warga juga diimbau makan dan minum secara teratur, bergizi serta menghindari konsumsi minuman beralkohol dan merokok. Tidur dan istirahat cukup serta olahraga yang teratur.

“Semua pihak agar terlebih dahulu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bima sebelum membuat pernyataan-pernyataan terkait dengan pasien yang menunjukkan tanda-tanda demam, guna menghindari berita yang kurang tepat dan tidak menimbulkan keresahan masyarakat,” katanya.

Semua Kepala Puskesmas diminta lebih aktif melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat. “Bagi masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut agar menghubungi Posko Kewaspadaan Virus Corona pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bima,” ujarnya. (MAN)

Share
  • 66
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top