Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Cegah Covid – 19, Pemdes Bontokape Semprot Desinfektan ke Dua Kali

Penyemprotan disinfektan.

Bima, Bimakini.- Upaya pencegahan Corona Virus Desease  (Covid – 19), Pemerintah Desa (Pemdes) Bontokape, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, melakukan penyemprotan desinfektan untuk ke dua kalinya. Masih seperti sebelumnya, penyemprotan dilakukan di setiap rumah warga, Senin (6/4).

Penyemprotan melibatkan unsur Pemerintah Kecamatan, Puskesmas Bolo, unsur Keamanan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, BPD dan masyarakat.

Kepala Desa (Kades) Bontokape, Syamsul Arif menyampaikan, kegiatan penyemprotan disinfektan ini sebagai langkah preventif penyebaran wabah Covid-19. Juga untuk memberikan proteksi terhadap warga.

“Bahan yang digunakan yakni Bayclin, Super Pel dan air bersih,” ujar Kades.

Terkait penanganan Covid – 19 ini, dialokasikan anggaran sebesar Rp 54 juta. Bersumber dari pengalihan anggaran BUMDes sebesar Rp 50 juta dan sisanya dari Dana Desa Tahap I Tahun 2020. “Kita bersama BPD sepakat mengalihkan dana BUMDes untuk penanganan Covid – 19 ini. Bahkan terkait hal ini kita sudah bentuk tim khusus sebagai upaya mencegah wabah virus mematikan ini,” jelasnya.

Dirinya berharap, dengan penyemprotan dan sosialisasi pencegahan awal Virus Corona tersebut, masyarakat tidak kuatir. “Mari kita berdoa dan berusaha melawan virus corona,” ungkapnya.

Satgas Covid – 19 Desa Bontokape, Aminullah AMd Kep menyampaikan, tugas dari pada tim yang dibentuk yakni melakukan edukasi melalui sosialisasi yang tepat dengan menjalankan perihal informasi terkait dengan Covid – 19, baik gejala maupun cara pencegahannya.

“Selain itu, mendata penduduk rentan sakit seperti orang tua, balita, serta orang yang memiliki penyakit menahun, penyakit tetap dan penyakit kronis lainnya serta mengecek fasilitas-fasilitas desa yang bisa dijadikan sebagai ruang isolasi,” ucapnya.

Lanjut dia, Tim juga harus melakukan penyemprotan disinfektan serta menyediakan cairan pembersih tangan (Hand Sanitizer) di tempat umum seperti balai desa. “Terpenting memastikan tidak ada kegiatan Warga berkumpul atau kerumuman banyak orang, seperti pengajian, pernikan, hiburan massa, hajatan dan lain sebagainya,” terang Aminullah.

Jika ada warga yang diidentifikasi, maka bekerja sama dengan rumah sakit rujukan atau Puskesmas setempat. Serta menyiapkan ruang isolasi di desa.

“Merekomendasikan kepada warga yang pulang dari daerah terdampak Covid – 19 untuk melakukan isolasi diri,” tukasnya. (KAR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menular dilingkungan Polres Dompu, petugas Polres setempat melakukan penyemprotan disinfektan, Ahad (11/7/2021) pagi....

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kelurahan Mande, Kecamatan Mpunda, Kota Bima, melakukan penyemprotan disinfektan untuk mengatisipasi penyebaran Corona Virus Desaese 2019 (Covid-19). Sekretaris Karang Taruna Mande,...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini.- Perkembangan dan penyebaran Virus Covid-19 di Dompu terus bertambah dan membuat desa dan kelurahan waspada. Kepala Desa Matua Kecamatan Woja Dompu Syam...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), Pemerintah Desa (Pemdes) Tente, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat,  Ahad (26/4)....

Peristiwa

Bima, Bimakini. – Polsek, Danramil 1608-07 Monta bersama dengan Pemdes Pela, Sie dan Simpasai melakukan penyemprotan disinfektan untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus Desease 2019...