Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Dua Kasus DBD Muncul di RT 05 Kelurahan Santi

Petugas saat melakukan pengasapan untuk mengjindari munculnya nyamuk penyebab DBD. (Foto Dok. M Fikrillah)

Kota Bima, Bimakini.- Dua warga Rukun Tetangga (RT) 05 Rukun Warga (RW) 03 Lingkungan Santi 2 Barat, Kelurahan Santi, Kecamatan Mpunda, Kota Bima terjangkit penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Pihak Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima sudah dikonfirmasi perihal munculnya dua korban itu.

Sabtu pagi (18/4),  proses pengasapan (fogging) dilakukan oleh petugas Dikes di rumah para korban. Selain itu, fogging dilakukan hingga jarak 100 meter dari rumah korban.

Ketua RT 05, Miftahudin, SHvia WA, mengatakan, korban DBD adalah Zulfansyah Hakim (13,7 tahun), Putra Hermansyah.  Hingga kini masih dirawat di rumah.

Dikatakan Miftahudin, berdasarkan petunjuk pihak Rumah Sakit ke pihak keluarga, karena dinamika penanganan wabah Covid-19 saat ini, maka pasien sebaiknya dirawat dan diinfus di rumah saja.

Penderita lainnya, sebutnya,  adalah Nurfaizah (7 tahun), putri Chandra Ardiansyah. Kondisinya sama, dirawat di rumah.

“Mereka diketahui positif terjangkit setelah melalui tes darah di laboratorium. Kedua penderita DBD itu letak rumahnya berdempetan,” ujarnya.

Sebelumnya, kata dia, pada Februari 2020 muncul satu kasus DBD di RT 05 yang menimpa seorang bocah.   Dua kasus terakhir ini berkaitan dengan kondisi genangan air pada drainase Jalan Permata Raya dan Jalan Permata Asri yang tidak mengalir lancar sebagaimana mestinya.

Khusus di Jalan Pertama Asri, saat pembangunan drainase beberapa tahun lalu, pembuatan saluran pembuangan limbah itu gagal dilaksanakan.  “Oleh karena itu, kami mengharapkan agar pemerintah daerah segera membuatkan Cross Drainase langsung ke arah sungai terdekat atau ke arah Selatan,” ujarnya.

Dia mengimbau warga RT 05 agar senantiasa menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan di sekitar rumah masing-masing. Munculnya beragam penyakit berbasis lingkungan sangat berbahaya dan cepat diantisipasi dini untuk menghindari jatuh korban lagi. (IAN/*)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mencatat 26 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) sejak awal tahun 2024....

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Untuk mencegah terjadinya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Personel Polsek Woha Polres Bima menggandeng Puskesmas Woha melaksanakan fogging di Desa Tenga Kecamatan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Setelah sebelumnya ada peningkatan kasus positif DBD di Kabupaten Bima, kini mulai terjadi penurunan. Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda, Suryadin...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Hingga Sabtu (28/1) Jam 14.00 WITA, Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) Kabupaten Bima mencatat adanya tren positif...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, peningkatan kasus DBD per tanggal 25 Januari 2023 sebanyak 146 kasus yang dicurigai (suspect), dengan 90...