Pendidikan

Kepala SDN Donggobolo Bayar Utang Pribadi Gunakan Dana BOS dan PIP

Kepala SDN Donggobolo, Abd Malik.

Bima, Bimakini.- Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Program Indonesia Pintar (PIP) dari pemerintah, digunakan untuk kepentingan pribadi oleh oknum Kepala SDN Donggobolo, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Abd Malik.

Hal itu terungkap, setelah sejumlah dewan guru mempertanyakan pencaira honor tenaga pendidik dan wali murid menanyakan pencairan dana PIP.

“Dana BOS memang sudah masuk ke rekening sekolah begitupun dana PIP sudah masuk ke rekening masing-masing siswa penerima beberapa bulan lalu,” kata Abd Malik, Senin (27/4), di kantor UPT Dikpora Kecamatan Woha.

Setelah dana BOS masuk ke rekening sekolah, bendara seharusnya menemani, untuk mengetahui keluar masuknya uang dimaksud. Namun hanya dilakukan seorang diri oleh Kepala Sekokah.

“Dana BOS dan PIP yang sudah masuk ke rekening masing-masing penerima, saya tarik semua masuk ke rekening pribadi,” kata Malik.

Malik mengaku telah menggunakan dana BOS tahap pertama dan PIP itu untuk membayar utang pribadi.  “Dana PIP sebanyak Rp26 juta dan BOS tahap pertama sebanyak Rp31 juta, jumlahnya Rp57 juta sudah saya gunakan untuk bayar utang pribadi,” ungkapnya.

Malik mengaku sejumlah guru mendatangi rumahnya, sebab setelah penarikan uang itu, tidak pernah kembali ke sekolah.  “Beberapa kali bendahara dan guru datang ke rumah saya menanyakan uang dana BOS dan PIP itu, saya mengaku sudah gunakan untuk bayar utang pribadi, dan berjanji akan menggantikan, bulan Mei 2020,” ujarnya.

Sementara Kepala UPT Dinas Dikpora Kecamatan Woha, Sahruddin Latif, SPd, mengakui adanya informasi itu. Bahkan dewan guru sudah beberapa kali mengadukan untuk diklarifikasi.

“Saya sudah panggil kepala sekolah untuk klarifikasi, dan mengakui dana BOS serta PIP itu sudah digunakan untuk membayar utang pribadi,” jelas Sahruddin Latif.

Selama empat kali pemanggilan, Sahruddin meminta Kasek untuk menggembalikan uang dan membagikan kepada orang-orang yang berhak mendapatkan.

“Sampai saat ini oknum Kasek itu tidak ada niat baik untuk mengembalikan, saya akan laporkan ke Dinas dan Bupati untuk  mengambil sikap,” jelasnya. (MAN)

Share
  • 1.9K
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top