Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Peduli Kesehatan, Pemdes Tente Anggarkan Pembuatan Jambanisasi

Kades Tente, Azhar SE

Bima, Bimakini.-  Untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, Pemerintah Desa Tente, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, akan membangun empat unit jamban pada tahun 2020. Pembangunan fasilitas ini menggunakan anggaran ADD.

“Kami akan membangun empat unit jamban untuk masyarakat tahun 2020 ini, pembangunan jamban uni sudah masuk dalam RKPDes tahun 2020,” jelas Kades Tente, Azhar SE, Kamis (9/4).

Menurut Azhar, kesehatan lingkungan salah satu prioritas Pemerintah Desa Tente. Hal ini juga menindaklanjuti deklarasi  stop buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) yang di gelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bima lewat Puskesmas Woha.

“Lewat dana desa tahun 2020, kami telah menggarkan pembuatan jamban sehat sebanyak empat unit yang diperuntukan bagi warga yang masih belum memiliki jambanisasi,” katanya.

Kata dia, tinja atau kotoran manusia merupakan media tempat berkembang dan berinduknya bibit penyakit menular, seperti kuman, bakteri, virus, dan cacing.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Apabila dibuang sembarang, bibit penyakit akan menyebar luas ke lingkungan, berisiko menimbulkan penyakit pada seseorang dan bahkan menjadi wabah penyakit pada masyarakat yang lebih luas,” ujarnya.

Dia melihat, warga yang tinggal di pinggir kali membuang langsung kotorannya ke kali, hal tersebut sangat rentan menimbulkan berbagai penyakit.

“Kami sudah melakukan sosialisasi sekaligus memberikan edukasi dan pemahaman tentang hidup sehat dan tidak membuang air besar sembarangan,” terangnya.

Azhar berharap, semoga dengan adanya jamban tersebut tidak ada lagi warga yang membuang air sembarangan dan yang paling penting kesadaran masyarakat. (MAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa Tente Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, membagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) untuk tahap ke-3, bagi lanjut usia (lansia)...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Kepala Desa Tente,  Azhar, SE, terus berupaya untuk memutus mata rantai covid-19 di wilayahnya. Sikap kades itu diapresiasi perangkat desa, BPD, mitra...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Kepala desa Tente, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Azhar, SE, membagikan masker dan handsanitaizer gratis kepada warganya, Rabu (15/4). Langkah Pemdes ini sebagai...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Kepala Desa Tente, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Azhar, SE, meninjau lokasi penggemukan sapi di Dusun Bante, Rabu (25/3). Progran penggemukan sapi dari...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Setelah membeli mobil operasional sampah  dari ADD, Pemdes Tente mulai mengoperasikannya. Bersama masyarakat gotong royong membesihkan sampah di lingkungan desa, Jumat (21/3)....