Olahraga & Kesehatan

RTC-19 Mbojo Pertanyakan Pengkategorian OTG Puskesmas Madapangga

Este Latifahanun, S.K.M., M.K.M.

Bima, Bimakini.- Relawan Tanggap Covid-19 (RTC-19) Mbojo mempertanyakan pengkategorian Orang Tanpa Gejala (OTG) oleh Puskesmas Madapangga. Puskesmas Madapangga memberikan informasi di salah satu media online, bahwa 238 yang didata adalah Orang Tanpa Gejala (OTG).

Tim Surveillance RCT-Mbojo yang diwakili oleh Este Latifahanun, S.K.M., M.K.M., mempertanyakan hal tersebut. “Apa benar sebanyak  238 orang ini adalah OTG? OTG yang dimaksud ini yang seperti apa?” ucapnya, Sabtu (4/4).

Berita Terkait: Up Date Deteksi Dini Covid-19 di Madapangga, OTG 238, ODP 13-dan PDP 1 Orang

Dijelaskannya, berdasarkan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19) Revisi ke-4 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, definisi Orang Tanpa Gejala (OTG) yaitu seseorang yang tidak bergejala dan memiliki risiko tertular dari orang konfirmasi COVID-19. Orang Tanpa Gejala (OTG) merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi COVID-19.

“Kalau yang dimaksud Puskesmas Madapangga OTG seperti itu (berdasarkan Panduan Kemenkes). Pertanyaannya, apakah benar 238 orang ini pernah kontak erat dengan kasus positif atau yang memiliki virus tersebut? Bagaimana pihak puskesmas mendeteksinya? kalau hal itu benar, berarti kita dalam bahaya dong!” ucap Magister Epidemiologi lulusan Universitas Diponegoro Semarang ini.

“Dan tentu saja sampai hari ini Orang Tanpa Gejala (OTG) masih merupakan masalah yang menyulitkan dalam pencegahan dan pengendalian penyebaran COVID-19 karena tidak mudah untuk dideteksi, sebab tidak memperlihatkan gejala itu tadi,” tutupnya. (IAN)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top