Peristiwa

Status PDP Bertambah Jadi Lima Orang, Satu Mahasiswi Baru Tiba di Bima

Kabid P2P Dikes Kabupaten Bima, H Rifai

Bima, Bimakini.- Status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona Virus Desease (Covid – 19) di Kabupaten Bima bertambah. Sebelumnya ditetapkan sebanyak 4 orang, namun bertambah setelah mahasiswi berusia 22 tahun tiba di Bima 27 Maret 2020.

Kabid P2P Dikes Kabupaten Bima, H Rifai mengatakan, mahasiswi ini menjadi PDP 05. Sebelumnya mahasiswi tersebut alami gejala cukup kompleks, yakni demam, sakit kepala, sakit perut, nyeri ulu hati, batuk, pilek dan mencert.

Akibatnya, mahasiswa tersebut langsung ditangani oleh tim medis Covid – 19 RSUD Bima. “Mahasiswa tersebut dimasukkan dalam ruang isolasi RSUD Bima Jumat (3/4) sore lalu,” ujar Rifai, melalui WhatsAppnya, Ahad (5/4).

Dijelaskannya, dengan tambahan satu PDP ini, total PDP Covid di Kabupaten Bima kini berjumlah 5 orang. Tiga diantaranya masih dalam pengawasan, sedangkan dua lainnya sudah dinyatakan sembuh dan negatif. Yakni, PDP 02 seorang laki-laki asal Kecamatan Madapangga dinyatakan sembuh dan seorang warga Kecamatan Donggo yang meninggal dunia dan hasil swabnya negatif. “Hasil Swab mahasiswa ini secepatnya akan kita terima. Insya Allah akan kita publikasikan,”  jelasnya.

Diimbaunya, khusus bagi warga yang baru datang dari luar wilayah Kabupaten Bima agar melakukan isolasi mandiri di rumah masing – masing selama 14 hari. Karena sebelumnya berasal dari daerah terjangkit / transmisi lokal baik sebagai OTG (Orang Tanpa Gejala) maupun sebagai ODP (Orang Dalam Pemantauan) dengan gelala ringan panas, batuk pilek.

“Kalau keluyuran akan berpotensi besar menularkan pada keluarga dan masyarakat lainnya. Kalau pun berada di luar rumah wajib menggunakan masker,” tandasnya.

Diharapkannya, masyarakat diminta tidak panik, namun tetap waspada dengan mematuhi imbauan yang dikeluarkan pemerintah untuk tetap berada di rumah kecuali untuk hal penting, rajin cuci tangan, menerapkan pola hidup sehat, olahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi. “Kita harus taati imbauan pemerintah karena Virus Corona (Covid – 19) ini dapat menyerang siapa saja. Semoga daerah kita mendapat perlindungan dari Allah SWT,” tutupnya. (KAR)

Share
  • 1.1K
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top