Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Tangani Covid-19, BPD dan Pemdes Rasabou Sepakat Ubah APBDes

Rapat pembahasan pengubahan APBDes.

Bima, Bimakini.- Lantaran butuh biaya penanganan Virus Corona (Covid – 19),  BPD dan Pemerintah Desa (Pemdes) Rasabou sepakat mengubah APBDes. “Tidak ada jalan lain, karena butuh biaya penanganan Virus Corona terpaksa APBDes dirubah,” ujar Kades Rasabou Suaidin, SH, Rabu malam (1/4).

Suaidin mengatakan, tidak serta melakukan perubahan APBDes, namun rapat dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima melalui Kabid Pemdes, Camat Bolo dan Kapolsek Selasa (31/3).

Hasil rapat, desa berhak untuk mengubah anggaran yang telah disusun dalam APBDes untuk penanganan Virus Corona (Covid – 19). “Alokasi anggaran tersebut untuk biaya semprot desinfektan, penyediaan tempat cuci tangan, stiker, spanduk, Alat Pelindung Diri (APD) dan honor tim pemantau,” ujarnya.

Lanjutnya, berdasarkan hasil rapat dengan BPD, total biaya yang dibutuhkan sebesar Rp 30 juta. Dana tersebut dipangkas dari item kegiatan pembangunan fisik, pemberdayaan dan bersumber dari dana BUMDes.

“Tahun ini dana BUMDes sebesar Rp. 16 juta, semuanya digunakan untuk biaya penanganan Virus Corona. Kemudian Pamsismas Rp. 5 juta, BPJS Rp. 4 juta, anggaran tak terduga Rp. 1 juta dan pengadaan kandang sapi Rp. 4 juta,” jelasnya.

Ketua BPD Rasabou, Syarifudin menyampaikan, agar memiliki kekuatan hukum, hasil rapat ini harus ada berita acara sekaligus ditanda tangani bersama. “Sehingga apa yang dilakukan tidak tumpang tindih dengan aturan,” ucapnya.

Kata dia, kasus Virus Corona adalah musibah yang dihadapi saat ini, sehingga penangananya harus serius. “Sebenarnya APBDes tidak boleh dirubah karena penggunaannya sudah jelas. Tapi karena masalah ini menyangkut nyawa, mau tidak mau harus dilakukan,” tutupnya. (KAR)

Share
  • 118
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Dam Doro di Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Bima rusak parah. Akibatnya tidak dapat menampung debit air untuk kebutuhan pertanian di wilayah desa...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Panitia Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima menggelar rapat kerja di Masjid As – Suada desa setempat, Sabtu...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima membagikan nasi bungkus untuk warga yang terdampak banjir. Pembagian nasi bungkus dilakukan sebagai antisipasi...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Tiga desa di Kecamatan Bolo belum mengevaluasi rancangan APBDes Tahun 2021. Tiga desa tersebut yakni Desa Tambe, Sondosia dan Sanolo. Kasi Pemerintahan...