Pemerintahan

Tim Penanganan Wabah Corona Rasabou Dibentuk

Suasana pembentukan Tim Covid-19 Desa Rasabou.

Bima, Bimakini.- Tim penanganan wabah virus Corona (Covid – 19) tingkat Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima dibentuk, Ahad (5/4). Pembentukan berlangsung di aula kantor desa setempat.

Hadir tim medis Puskesmas Bolo selaku Satgas Covid – 19 Desa Rasabou, Kepala Desa (Kades) dan jajaran, BPD, Ketua PKK, Kader Posyandu dan elemen lainnya.

Kades Rasabou, Suaidin, SH mengungkapkan, pembentukan tim yang dimaksud sebagai bentuk keseriusan Pemdes dalam menangi Covid – 19. Sehingga dirasa perlu untuk mengimplementasikan secara nyata kesigapan kita dalam mengurangi resiko mewabahnya virus tersebut. “Tim ini sudah Kita bentuk masing masing dusun dan langkah yang dilakukan pun telah diarahkan oleh Tim Satgas, tinggal kita bekerja,” ujarnya.

Masalah biaya, lanjut dia, sudah mengalokasikan sebesar Rp 52 juta yakni bersumber dari Dana Desa Tahap I. “Awalnya disepakati Rp. 30 juta, karena dinilai masih kurang, sehingga kita tambah hingga Rp. 52 juta,” tuturnya.

Wakil Ketua BPD Rasabou, Muhammad Khardi, mengapresiasi langkah Pemdes dalam menangani Virus Corona (Covid – 19). Terlebih kata dia, dalam mengambil keputusan merubah APBDes tidak ada item kegiatan fisik tingkat dusun yang dipangkas anggarannya. “Anggaran sebesar Rp. 52 juta itu dipangkas melalui item kegiatan sifatnya untuk umum. Bukan dipangkas dari item kegiatan fisik di tiap dusun,” ucapnya.

Dijelaskannya, sumber dana tersebut yakni dari alokasi dana BUMDes, Pamsismas, BPJS, peningkatan kapasitas aparatur desa. “Pada rapat awal disepakarti Rp. 30 juta karena belum maksimal ditambah hingga Rp. 52 juta,” tutupnya.

Satgas Covid – 19 Desa Rasabou Rosniati S.Kep Ners menyampaikan, langkah-langkah yang harus dikerjakan oleh Tim terbentuk tersebut diantaranya: Melakukan edukasi melalui sosialisasi yang tepat dengan menjalankan perihal informasi terkait dengan Covid – 19, baik gejala maupun cara pencegahannya. Selain itu, mendata penduduk rentan sakit seperti orang tua, balita, serta orang yang memiliki penyakit menahun, penyakit tetap dan penyakit kronis lainnya serta mengecek fasilitas-fasilitas desa yang bisa dijadikan sebagai ruang isolasi,” ujarnya.

Lanjut dia, Tim juga harus melakukan penyemprotan disinfektan serta menyediakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) di tempat umum seperti balai desa. Terpenting memastikan tidak ada kegiatan Warga berkumpul atau kerumuman banyak orang, seperti pengajian, pernikan, hiburan massa, hajatan dan lain sebagainya.

Dia juga menjelaskan, bahwa Tim juga perlu menyediakan perlindungan, serta pencegahan penularan wabah Covid – 19 dan menyediakan informasi penting terkait dengan penanganannya seperti nomor telepon rumah sakit rujukan, nomor telepon ambulan, dan lain-lain. Guna mendeteksi awal pergerakan masyarakat, kata dia, Tim perlu mendata tamu yang keluar masuk di desa dari daerah lain. Hal itu dirasa cukup efektif guna mengetahui secara dini Warga yang teridentifikasi.

Namun jika ada Warga yang diidentifikasi, maka langkah yang pertama kali dilakukan yakni bekerja sama dengan rumah sakit rujukan atau Puskesmas setempat, serta menyiapkan ruang isolasi di desa dan merekomendasikan kepada Warga yang pulang dari daerah terdampak Covid – 19 untuk melakukan isolasi diri,” tukasnya.

Tidak hanya itu, Tim juga perlu membantu  menyiapkan logistik kepada warga yang masuk ruang Isolasi dan menghubungi petugas medis atau Badan Penaggulan Bencana Daerah (BPBD) untuk langkah tindaklanjut terhadap warga yang masuj ruang isolasi tersebut. Terakhir sambung dia, senantiasa melakukan koordinasi secara intensif dengan Pemerintah Daerah Kabupaten atau pihak dinas terkait lainnya, untuk mengupdate informasi kaitan dengan Covid – 19. “Ia berharap dengan terbentuknya tim yang dimaksud dapat menekan angka mewabahnya Covid – 19. Dan diharpakan juga agar pelaksanaannya di lapangan dilakukan secara serius, cepat dan tepat,” tutup Rosniati. (KAR)

Share
  • 106
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top