Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Baznas Bagi Sembako, Gubernur NTB Minta Pakai Produk Lokal

Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah saat menyerahkan paket sembako dari Baznas.

Mataram, Bimakini.- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi NTB membagikan 1500 paket sembako untuk mustahik dan duafa, di Sekretariat Baznas NTB Kompleks Islamic Center, Mataram, Jumat (15/5/2020).

Kegiatan tersebut dalam rangka membantu pemerintah dalam penanggulangan dampak sosial ekonomi Covid-19, khususnya mengurangi beban hidup masyarakat.

Penyerahan paket sembako dilakukan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, secara simbolis didampingi TGH. Dr. Said Gazali selaku Ketua Baznas Provinsi NTB.

Gubernur mengapresiasi upaya Baznas NTB yang telah menyalurkan paket sembako, hasil pengumpulan zakat, infak dan sedekah.

Menurut Gubernur, Covid-19 ini bukan hanya mengantisipasi masalah kesehatan, tapi yang lebih signifikan adalah, mengantisipasi dampak sosial ekonomi akibat wabah tersebut.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Jangan sampai orang tidak punya pekerjaan, tidak punya beras, tidak ada yang diminum, kemudian menjarah yang lain,” kata Gubernur.

NTB termasuk salah satu Provinsi yang berani. Tidak memberikan uang tunai kepada masyarakat terdampak Covid-19. Karena, sudah ada yang lain yang memberikan bantuan berupa uang. Tapi Pemprov NTB memberikan bantuan berupa sembako dan semunya diupayakan dari produk lokal.

“Sumbangan ke depan, usahakan semuanya barang lokal, karena NTB ini jangankan membuat masker, membuat motor listrik saja kita bisa, tapi selama ini UKM kita tidak pernah dikasih kesempatan, bahkan pasar pun tidak disediakan,” tambah Gubernur

Semua negara berkembang, lanjut Gubernur, ketika proses awal sebuah pembangunan itu selalu kualitasnya lebih rendah dan harga lebih mahal, itu semua terjadi dimana-mana.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Pembangunan itu bukan semata persoalan kesediaan pangan dan barang, tapi sejatinya sebuah pembangunan adalah sebuah proses besar mengupgrade kemampuan. Masyarakat NTB tidak boleh menjadi penonton di tempat sendiri,” ungkap Gubernur.

“Saya minta, semua lembaga kita di sini jangan sekali-kali memberikan bantuan yang tidak lokal, karena, dengan membeli produk UKM kita, usaha saudara-saudara kita semakin menggeliat. Tidak masalah kita beli beras dengan harga yang lebih mahal, tapi produk tersebut hasil dari keringat petani-petani kita semua,” tutup Gubernur.

Sementara, Ketua Baznas Provinsi NTB, TGH. Dr. Said Gazali, mengatakan khusus untuk penanganan Covid-19, Baznas Provinsi NTB sudah menyiapkan dana sebesar Rp 700 juta, termasuk diantaranya pembagian 10 ribu masker, penyemprotan disinfektan, pembagian hand sanitizer, APD, bantuan kepada marbot, toga dan toma, hingga bantuan kepada cleaning service.

“Mudah-mudahan Baznas Provinsi NTB ke depan bisa semakin eksis dan mampu bersinergi dalam mewujudkan NTB Gemilang,” harap Said.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sebelumnya, Gubernur NTB didampingi tokoh agama beserta Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) NTB, memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) secara simbolis kepada petugas kebersihan, petugas keamanan, cleaning service dan marbot. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Pengamat hukum dan Advokat NTB, Muhanan SH, menilai protes surat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang dilayangkan kepada Gubernur NTB, Dr. H....

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Kesadaran warga Kota Bima untuk membayar zakat semakin meningkat. Tahun 2016 lalu, penerimaan dana zakat mencapai Rp4,2 miliar. Nah, kini hingga...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sebanyak 200 warga Desa Sanolo Kecamatan Bolo Kabupaten Bima mendapat bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)....

NTB

Jakarta, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi menerima penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI, sebagai kepala daerah terbaik se-Indonesia yang...

NTB

Mataram, Bimakini.- Zakat pada hakekatnya bukan hanya berkaitan dengan orang miskin atau pemberdayaan saja. Tetapi sebenarnya yang pertama sebelum pemberdayaan itu adalah pembersihan. Pemberdayaan...