Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

FKM Sape – Lambu Jabodetabek Salurkan APD dan Masker

FKM SALAJA menyalurkan bantuan masker dan APD untuk tenaga medis Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sape dan Lambu Kabupaten Bima, Jumat (1/5).

Bima, Bimakini.- Forum Komunikasi Masyarakat (FKM) Sape-Lambu Jabodetabek (SALAJA) menyalurkan bantuan masker dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sape dan Lambu Kabupaten Bima, Jumat (1/5). Bantuan  ini bentuk kepedulian organisasi terhadap kondisi ancaman wabah Covid-19 di wilayah Sape dan Lambu.

Sekjen FKM SALAJA, Ir HM Firdaus Asriadin, M.Ec.Dev., Mappi (Cert) mengatakan, bantuan  berupa masker sebanyak 1.340 lembar dan 40 unit Alat Pelindung Diri (APD) untuk  tenaga medis di Sape dan Lambu. Sebanyak 40 unit APD diserahkan kepada Camat Sape, Kamarudin, sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sape.

Lanjutnya, masker akan didistribusikan oleh Relawan Posko Solidaritas Covid-19 Sape dan Lambu yang bermarkas di Jalan Lapangan Putih RT 11 RW 06 Desa Sangia. Selanjutnya akan didukung oleh relawan PK KNPI Sape.

Dikatakannya, pada saat yang bersamaan, FKM SALAJA juga sedang menggalang dana untuk pengadaan Mushaf Al-Qur’an untuk didistribusikan  pada sejumlah desa di  Sape dan Lambu tahun 2020 ini. Namun, karena musibah pandemi Covid-19 maka kegiatan itu ditunda dan direncanakan direalisasikan tahun 2021.

Penyerahan bantuan di Kantor Kecamatan Sepe dan diterima Camat, Kamarudin dan diserahkan perwakilan FKM SALAJA Jabodetabek, Adit.

Dijelaskannya, gerakan untuk membantu peralatan untuk menghadapi Covid 19 ini berawal dari komunikasi Relawan Gerakan Solidaritas Covid-19 Sape-Lambu yang menghubungi Sekjen FKM SALAJA via WhatsApp pada tanggal 16 April. Saat itu juga ada gerakan 1 Masker 1 Nyawa yang sedang dilakukan di Provinsi NTB.

Merespons komunikasi itu, pada 17 April atas persetujuan Ketua Umum FKM SALAJA, H Ilham Idris, dibuatlah surat edaran kepada anggota untuk menginformasikan bahwa FKM SALAJA akan berpartisipasi pada Gerakan Solidaritas Covid-19 Sape-Lambu. Saat itu ditunjuk saudara Bahtiar sebagai Koordinator Penggalangan Dana dan Sekjen sebagai Penanggungjawab.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Selanjutnya,  18 April mulai dibuat daftar Donatur dan ditutup 23 April 2020 pukul 12.00 WIB. Hasilnya, terkumpul sebanyak 25 Donatur. “Nah, dari dana yang terkumpul  dibelikan 1.314 lembar Masker  dan 40 unit  APD,” terangnya.

Pengurus FKM SALAJA, kata dia, mengapresiasi kepedulian para Donatur yang menyisihkan sebagian rejekinya untuk membantu kegiatan kemanusiaan ini. Melalui semangat persatuan, kebersamaan, dan kekeluargaan, segala sesuatu bisa diwujudkan untuk Rasa Ro Dana Mbojo tercinta.

Penyerahan bantuan di Kantor Kecamatan Sepe dan diterima Camat, Kamarudin.  Bantuan diserahkan oleh perwakilan FKM SALAJA Jabodetabek, Adit.

Pembagian masker dilakukan dipersimpangan kantor Desa Sangia, persimpangan Masjid Raya Al Munawarah Sape. Saat itu, diserahkan 100 masker kepada anggota Brimob Sape.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pertimbangannya, saat ada razia bagi yang tidak memakai akan diberikan.  Mereka tidak disuruh pulang.

Untuk pendistribusian masker selanjutnya, berkoordinasi dengan pengurus PK KNPI  Sape. KNPI mengisyaratkan akan membagikannya Sabtu (2/5) sore. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Opini

Oleh  : Zidniy Ilma Seminggu yang lalu, tepatnya pada tanggal 10 Februari 2022, 2 orang dokter serta puluhan Tenaga Kesehatan (Nakes) yang bertugas di...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Seiring meningkatnya jumlah warga yang terpapar Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bima langsung mengambil langkah penanganan untuk mengurangi dampaknya. Sekretaris Daerah Kabupaten Bima Drs.H.M.Taufik...

Opini

Oleh : Puja Anggriani   Diketahui, virus Covid-19 pertama kali terjadi di kota Wuhan pada tahun 2019.  Tidak hanya menyerang kota Wuhan saja, Virus...

Peristiwa

Dompu, Bimakini. – Limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) bekas penanganan pasien terjangkit Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) diduga dibuang oknum petugas dilokasi...

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.- Anak-anak juga kini menjadi ancaman terberat dalam serangan virus berbahaya yang bernama korona. Meskipun penyebarannya kini, mulai menurun drastis baik pada...