Peristiwa

Pembagian BST di Kecamatan Langgudu Diwarnai Kericuhan

Sejumlah Pemdes menghentikan petugas Pos Indonesia untuk membagiikan BST yang bermsalah.

Bima, Bimakini.- Pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima,  diwanai kericuhan. Sejumlah warga menghentikan pembagian BST tersebut.

Forum Asosiasi Kades se Kecamatan Langgudu meminta petugas Pos Indonesia untuk   menghentikan pembagian  bagi desa yang dianggap bermasalah.

Koordinator Kabupaten (Korkab) PKH, Fitrah, SIP membenarkan hal itu. Sejumlah desa penerima BST akhirnya dipending oleh petugas Pos Indonesia.

Dijelaskannya, untuk data penerima manfaat, Kemensos mengirim data kepada Dinsos Kabupaten Bima dan diteruskan kepada Pemdes. Berdasarkan evaluasi lebih lanjut oleh Pemdes, ternyata data yang diterima banyak ganda dan telah mendapatkan Bansos lain. “Ada yang sudah menerima JPS NTB Gemilang, JPS Bima Ramah, PKH, BPNT-Sembako dan BLT DD,” jelasnya.

Untuk perbaikan data ganda tersebut, Pemdes melakukan evaluasi, validasi dan finalisasi ulang berdasarkan pendataan mulai dari tingkat RT, RW, Dusun bersama BPD. “Dimusyawarahkan di tingkat desa bersama dengan Pemdes, BPD beserta masyarakat,” tuturnya.

Lanjutnya, usai Musdes, masing-masing desa menyampaikan kepada Dinsos untuk divalidasi ulang berdasarkan kondisi lapangan. Namun kenyatanannya, banyak data penerima yang masih bermasalah.

“Hal ini membuat Forum Asosiasi Kades se Kecamatan Langgudu meminta petugas pos Indonesia untuk memberhentikan pembagian kepada desa yang dipending dan dianggap bermasalah tersebut,” terangnya.

Sementara Dinsos Kabupaten Bima, sedang dikonformasi. (ILY)

 

Share
  • 746
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top