Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Penuhi Janji, Bupati Bima Realisasikan Jalan Lintas Pandai -Risa 2020

Foto : Kondisi jalan lintas Pandai – Risa yang akan ditingkatkan.

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas PUPR, menepati janji untuk mengerjakan peningkatan jalan Pandai-Risa tahun 2020 ini. Jalan tersebut sudah mulai dikerjakan oleh PT Citra Nursa Persada dengan besaran Rp 4.017.500.000.00 selama 210 hari.

“Alhamdulillah, Bupati dan Wakil Bupati Bima sudah menepati janjinya mengerjakan peningkatan jalan Pandai-Risa, para pekerja sudah mulai melaksanakan beberapa hari lalu,” jelas Kepala Desa Pandai, H Puasa, Sabtu (2/5).

Kata dia, untuk saat ini, para pekerja sedang mengerjalan proses penghemparan material  dan pengerasan untuk pondasi bagian bawah.

Dia mengaku, sebelumnya kondisi jalan penuh lumpur. Saat itu,  Bupati Bima turun langsung melihat kondisinya dan menjanjikan peningkatan jalan.

“Karena anggaran perubahan sedikit, Bupati mengundur dan menjanjikan tahun ini,” katanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Sementara Pemda Bima melalui Kadis PUPR Kabupaten Bima, Ir H Nggempo, M. Mt, menjelaskan, proses pembuatan jalan Pandai – Risa berdasarkan laporan pelaksana sudah membesihkan dan meratakan lahan sebelum peningkatan jalan raya.

“Lahan dibersihkan dahulu dari sampah maupun pepohonan kemudian diratakan, hal ini dilakukan agar proses pembuatan jalan dapat berjalan dengan maksimal sesuai dengan hasil yang diharapkan,” katanya.

Kata Nggempo, setelah lahan dibersihkan kemudian dilakukan pekerjaan perataan tanah dengan menggunakan alat berat bulldozer atau dozer.

“Saat ini sedang dilakukan penghamparan material pondasi bawah berupa batu kali menggunakan alat transportasi dump truk kemudian diratakan dan dipadatkan dengan menggunakan alat tandem roller kemudian nanti penghamparan lapisan pondasi atas, dan lapisan permukaan,” terangnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kata dia, setelah lapisan pondasi bawah selesai dikerjakan, proses selanjutnya adalah penghamparan aspal. “Untuk menghamparkan aspal digunakan alat Asphalt Finisher, setelah aspal berhasil dihamparkan dengan elevasi jalan raya yang sudah diukur menggunakan deodolit sesuai perencanaan pekerjaan selanjutnya adalah pemadatan dengan comnactor hingga memenuhi standar,” jelasnya.

Kata dia, peningkatan jalan ini perintah langsung Bupati Bima sejak tahun sebelumnya. Namun karena secara bertahap,  tahun ini baru bisa diselesaikan sesuai anggaran yang ada. (BE05)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, mengingatkan jajaran Dinas PUPR Kabupaten Bima memerhatikan kualitas infrastruktur harus benar-benar ditingkatkan. Langkah ini harus...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Awali  hari pertama kerja di tahun 2023, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE memimpin apel  di Dinas PUPR. Bupati didampingi Asisten...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Dari embilan yang dikerjakan Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas PUPR, telah menyelesaikan dua ruas jalan yang bersumber dari dana DAK tahun 2020....

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bima, mengusulkan perbaikan empat ruas jalan dipembahasan APBD P 2020. “Kita sudah usulkan perbaikan empat...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bima, berhasil menjadi yang terbaik pada lomba video expose kinerja berbasis teknis pembangunan. Lomba...