Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

PT CPI Langgar Komitmen, Warga Monggo Protes

Protes yang dilakukan oleh warga.

Bima, Bimakini.- Sejumlah warga Desa Monggo yang merasa tak diberdayakan oleh pihak pemenang tender pelaksanaan pembangunan PT CPI berlokasi di Monggo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima melakukan aksi protes. Kehadiran mereka saat itu diterima pihak PT CPI Samsul bersama Sekretaris Desa Monggo dan Sekcam Madapangga, Rabu pagi (13/5).

Ketua Karang Taruna Desa Monggo Muhlis sangat menyayangkan pihak PT. CPI melalui pelaksana tak memperdayakan para generasi atas pelaksanaan pembangunan perusahaan. “Sementara komitmen yang dibuat sebelumnya, kami selaku warga Desa Monggo diperdayakan,”kata Muhlis.

Ironisnya lagi, warga setempat banyak pengangguran dan tak punya pekerjaan. “Ya, minimal pengadaan barang buat seperti pasir, batu dan batu bata dan lainnya sesuai kemampuan dan potensi dimiliki warga itu sendiri,” ucapnya.

Pelaksana pembangunan PT. Charoen Pokphand Indonesia di desa-nya telah menghianati kesepakatan awal yang dibuat tanggal 3 Maret 2019 lalu, bertempat di Aula Kantor Desa Monggo.

Sesuai komitmen tersebut, PT. akan mengutamakan tenaga kerja orang lokal seperti Masyarakat Desa Monggo dan akan disesuaikan keahliannya serta memberikan ruang kepada potensi pekerja yang ada di desa tetangga. “Sementara kenyataan di lapangan saat ini tidak seperti itu,” ungkap Muhlis.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Senada disampaikan Toni bahwa pihak PT tidak Komit dan tidak mampu menekan pihak pelaksana untuk memberikan pemberdayaan para pekerja lokal.
“Kalau begini keadaannya, saya minta agar pelaksanaan pekerjaan hari ini dan seterusnya diberhentikan dulu,” tegasnya.

Menyikapi hal tersebut, pihak PT CPI Samsul meminta tunggu dulu kehadiran pihak pelaksana agar jelas pelaksanaanya. Mengingat perjanjian kami itu pasca Gedung terbangun. Sementara saat pembangunan ini masih kewenangan pihak pelaksana proyek pembangunan gedung. “Kita tunggu dulu kehadiran pihak pelaksananya, mohon warga untuk bersabar,” harap Samsul.

Pantauan Bimakini.com  terlihat yang hadir di lokasi Sekcam Dra. Arabiah, Sekdes Monggo, Babinsa, Bhabinkamtibmas Desa Monggo, Anggota Sat Pol PP dan  turut hadir dan Pihak CPI Samsul, dan pengerjaan diberhentikan sembari menunggu hasil pertemuan bersama Muspika di Kantor Camat Madapangga.

Yang hingga berita ini diturunkan, hasil keputusan di Camat belum diketahui.(KAR)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI) Tbk Cabang Bima yang berlokasi di Desa Monggo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) didemo...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Hujan deras yang terjadi, Senin (14/12), sekitar pukul 14. 20 Wita di wilayah Kecamatan Madapangga memgakibatkan terjadinya banjir. Akibatnya, ratusan rumah warga...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Pemerintah Desa (Pemdes) Monggo Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima mengalokasikan Dana Desa sebesar Rp 201 juta. Total...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Tindakan kriminalitas kerap kali terjadi di Desa Monggo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima. Baik  kasus pencurian, perjudian hingga peredaran Narkoba. Baru-baru ini, tujuh...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Dua hari Kantor Desa Monggo, Kecamatan Madapangga tanpa pelayanan. Pasalnya, Kades dan perangkatnya menonton laga Leg 2 antara Persebi Bima dan Perseden....