Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

14 Tahun, Jalan 260 Km di Langgudu Diabaikan

Kondisi jalan di Desa Langgudu sebagian selayan yang rusak parah. Tercatatn 260 kilometer jalan yang dibuka 14 tahun lalu, belum ada pengerasan apalagi aspal.

Bima, Bimakini.- Warga Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, mempertanyakan komitmen pemerintah untuk membangun sarana infrastruktur di wilayah selatan. Jalan sepanjang 260 kilometer (km) yang dibuka sejak 14 tahun lalu, tidak lagi di jamah.

Kondisi jalan mulai dari Desa Desa Laju, Desa Waduruka, Desa Pusu, Desa Karampi, Desa Sarae Ruma, Desa Doro O’o semakin parah. Saat hujan, jalan becek dan sulit untuk dilalui. Pun musim kemarau saat jalan kering, tidak nyaman dilalui.

Pemuda Langgudu Selatan, Muadin, meminta agar pemerintah daerah tidak menjadikan masyarakat disana sebagai kelas dua. Warga Langgudu khususnya dibagian seberang memiliki hak yang sama untuk kue pembangunan.

Dikatakannya, tidak hanya soal infrastruktur, namun juga lainnya. Seperti pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Pelayanan kesehatan, kata dia, jauh dari kelayakan. Warga seberang harus menuju wilayah daratan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas. “Kecuali masyarakat di tempat kami, kesehatannya dianggap tidak penting,” sindir pemuda asal Desa Karampi ini, Sabtu (27/6).

“Warga yang sakit, harus menyeberang lautan. Belum lagi jika kondisi cuaca sangat ektrim, membahayakan keselamatan jiwa,” lanjutnya.

Muadin mengaku, masyarakat Langgudu di wilayah selatan sudah jenuh dengan kondisi saat ini. Maka, saatnya pemerintah daerah untuk membuka mata akan realitas masyarakatnya.
Kata dia, belum termasuk layanan pendidikan, seolah melengkapi derita ketimpangan pembangunan dirasakan masyarakat Langgudu selatan. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE  menerima penyampaian aspirasi elemen masyarakat Donggo dan Soromandi yang bergabung dalam Front Perjuangan Rakyat (FPR)...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sejumlah elemen masyarakat sebelumnya  menyorot pekerjaan Jalan Lapisan Penetrasi (Lapen) di Desa Rade Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima. Pihak pelaksana pun memperbaiki jalan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pemuda peduli lingkungan Dusun Tanjung Mas Desa Wilamaci Kecamatan Monta Kabupaten Bima, lakukan aksi unjuk rasa dan blokade jalan, Sabtu (26/2/2022) pukul...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Warga Desa Waduruka dan Desa Karampi Kecamatan Langgudu bagian Selatan Kabupaten Bima, alami kecelakaan, Ahad (21/11/2021) sekitar  pukul 16.19 Wita. Sejumlah warga...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Aksi unjuk rasa yang dilakukan Front Perjuangan Rakyat (FPR) di depan Kantor Bupati Bima, Senin (26/7/2021) membuahkan hasil. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab)...