Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

25 Bus AKAP dan AKDP di Terminal Dara Kembali Beroperasi

Terminal Dara. (DOK)

Kota Bima, Bimakini.- Bagi yang bertanya-tanya kapan jalur transportasi darat akan dibuka kembali pasca-ditutup akibat pandemi Covid 19? Kini terjawab sudah.

Pemerintah sudah mulai membuka kembali sedikitnya 25 jalur transportasi darat mulai Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Angkutan Kota Dalam Provinsi oleh Pemerintah (AKDP).

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Dara, Kota Bima, H Kisman menjelaskan,  aktivitas di Terminal Dara kini kembali normal. “Alhamdulillah, sekarang jalur transportasi darat sudah kembali optimal, termasuk kembali beroperasinya 25 bus baik AKAP maupun AKDP,” terangnya.

Hanya saja aku Kisman, suasananya tidak seramai seperti sebelum pemerintah menetapkan status Pandemi Covid 19. Para pelaku usaha transportasi darat tetap menerapkan protokol Covid 19.

“Sekarang paling banyak 10 orang saja yang keluar dari terminal,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Bahkan terkadang, kata Kisman, ada bus yang terpaksa tidak beroperasi lantaran sepi penumpang. Meskipun armada tersebut telah ditetapkan jadwal keberangkatannya.

Diakuinya, regulasi atau protokol kesehatan Covid19 tetap diikuti setiap PO sebagai wujud pencegahan penyebaran virus korona. Rata-rata, penumpang bus hanya diperbolehkan mengangkut hingga 70 persen dari jumlah biasanya.

“PO juga kemudian tetap menyediakan hand sanitizer, memakai masker dan menjaga jarak di tempat duduknya,” katanya.

Pihaknya mengaku tidak bisa memastikan sampai kapan kondisi ini terjadi, namun pihaknya Korsatpel Terminal tipe A Dara tetap merujuk pada peraturan dari Kementrian Perhubungan Dirjen Perhubungan Darat.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Karena secara struktural kita berada langsung dibawah Komando Pusat. Tetapi secara fungsional kami tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah termasuk tentang himbauan kepada setiap PO untuk tidak menaikkan tarif tiket sepihak,” tegasnya.

Sementara terkait dengan harga tiket yang dikabarkan melonjak naik selama pandemi Covid 19, dia mengaku tidak ada lonjakan.

“Normal dan tidak ada kenaikan. Jika pun ada kenaikan, silahkan melapor,” tukasnya.

Pihaknya berharap kepada PO agar tidak menaikan tarif tiket secara sepihak dan tidak membebankan penumpang terlebih di kala pandemi Covid 19 kini. (IKR)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Polres Bima Kota bekerjasama dengan BNNK Bima dan Dinas Perhubungan Kota Bima telah melaksanakan tes urine pada pengemudi bus AKAP sebagai...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- DPC Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Bima merespon adanya keributan dan keluhan para pengusaha jasa angkutan darat. Khususnya berkaitan dengan adanya...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Memasuki tatanan kehidupan yang baru atau new normal, aktifitas transportasi darat di Terminal Dara, Kota Bima, mulai kembali mulai bergeliat. Bahkan,...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Untuk memastikan keamanan angkutan lebaran tahun 2019, Tim gabungan, Sabtu (1/5) melakukan apel siaga sekaligus pemeriksaan kondisi armada bus di Terminal...

Peristiwa

Kota Bima,  Bimakini.- Tim gabungan terdiri dari Polri,  TNI dan Dinas Perhubungan, Sabtu (22/12) sore memeriksa kelaikan kondisi bus AKAP dan AKDP yang beroperasi...