Hukum & Kriminal

Angka Kriminalitas Kian Menurun, Pemkot Bima Tetap Terapkan PSBK

H A Malik

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota melalui Tim Gugus Tugas Covid 19, kembali mengevaluasi penerapan Pemberlakuan Sistem Berskala Kelurahan (PSBK) yang diterapkan beberapa waktu yang lalu hingga kini. Hasilnya pun tim tetap sepakat untuk terus melanjutkan PSBK.

Alasannya diungkapkan juru bicara Tim Gugus Tugas Covid 19, Abdul Malik selain mampu menekan terus munculnya kasus positif covid 19, juga ada ragam penyebab.

“Hasil evaluasi PSBK itu ada efek domino lainnya yang dirasakan daerah dan masyarakat. Salah satunya angka kriminalitas yang jauh menurun saat ditetapkan PSBK,” ungkap Malik.

Disisi lain juga lanjut Malik, Keamanan dan Ketertiban (Kamtibmas) di tengah masyarakat tercipta dengan sangat baik.

“Untuk itu, diputuskan PSBK akan tetap diberlakukan hingga masa evaluasi empat belas hari berikutnya,” tukasnya.
Lanjut Malik, pada bidang transportasi Pemda memastikan untuk terus menjaga keberlangsungan moda transportasi untuk masyarakat. “Serta menjaga agar Kota Bima tetap aman meski arus keluar masuk aktif, maka pos pemeriksaan di batas kota Lingkungan Ni’u akan tetap diaktifkan seperti saat ini,” urainya.

Namun, untuk pos pemeriksaan lainnya seperti di Terminal Kumbe dan Asakota katanya, akan dilonggarkan karena berdasarkan evaluasi, kedua pos tersebut memiliki tingkat resiko yang kecil jika dibandingkan dengan pos di perbatasan Lingkungan Oi Ni’u.
“Tetap ada pos nya, tapi kita longggarkan. Yang ketat hanya untuk pos perbatasan di Lingkungan Oi Ni’u, ” tegas Malik.

Hal lain yang terus dibenahi untuk Kota Bima menuju new normal adalah, pasar Ama Hami.

Karena akunya setiap pengunjung pasar, akan dicek suhu tubuhnya saat memasuki pasar. Kemudian, diwajibkan menggunakan masker, penyediaan cuci tangan dan juga jarak.

Khusus untuk jaga jarak ini jelas Malik, pihaknya masih membenahi pasar. Seperti, penimbunan sisi selatan pasar yang digenangi banjir pasang air laut. Untuk jangka panjangnya, akan dianggarkan di perubahan berikutnya. (IKR)

Share
  • 30
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top