Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Aplikasi SIRAPP dan Rumah Aspirasi Kota Bima Diluncurkan

Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bima meluncurkan aplikasi SIRAPP dan website rumah Aspirasi Kota Bima, Kamis (11/6) di Aula Kantor Walikota Bima. Launching oleh Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE didiampingi oleh Wakil Walikota Bima, Feri Sofiyan, SH.

Launching secara virtual ini dihadiri pula oleh Sekretaris Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Kepala Dinas PP dan PA Provinsi NTB, Wakil Ketua DPRD Kota Bima Syamsurih SH, Sekda Kota Bima dan beberapa Kepala Perangkat Daerah Kota Bima.

Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi SE menyampaikan bahwa penerapan  aplikasi SIRAPP dan website rumah aplikasi ini bertujuan untuk menampilkan sistem pelaporan atau pengaduan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak pada dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kota Bima berbasis android.

“Dengan adanya aplikasi ini diharapkan semakin mendekatkan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat khususnya pengaduan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Bima,” harapnya.

Diapresiasinya pula Dinas Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak Kota Bima dengan dibantu Tim IT yang telah berkerja keras merancang website dan aplikasi ini.

Berdasarkan pemaparan Narasumber Endang Sri Sumanti ST M.Eng bahwa alur proses pelaporan melalui aplikasi SIRAPP ini pertama pelapor atau masyarakat harus membuka broser dan membuka halaman website https://sirapp-dp3a.bimakota.go.id kemudian pelapor melakukan registrasi untuk pengaduan baru mengisi form pelaporan (admin mengisi laporan pengaduan korban). Setelah diisi admin memproses pengaduan masyarakat  dan disposisi ke pimpinan. Kemudian pimpinan memberikan rujukan hasil laporan masyarakat tersebut baru masyarakat melihat hasil laporannya dan mencetak hasil rujukan.

Lebih lanjut dijelaskannya, aplikasi SIRAPP yang baru dilauncing memiliki banyak kelebihan jelas diantaranya, bisa menerima laporan pengaduan dari masyarakat secara umum, menerima laporan pengaduan terkait kekerasan terhadap perempuan dan anak. Memudahkan kepala daerah dan kepala perangkat daerah dalam mengambil keputusan maupun kebijakan ditambah lagi aplikasi ini bisa dibuka secara online lewat android maupun lewat PC/komputer.

Dari sinilah dilihat masyarakat yang melapor akan ditangani oleh siapa, kemana dan bagaimana penanganannya.

Aplikasi SIRAPP dan Website rumah aspirasi ini dibangun oleh tim IT diantaranya Endang Sri Sumanti, ST, M.Eng, Nanang Agung Nugroho S.Kom, Alfin Fajar Nurrahman S.Kom, dan Fahmi Sutarno SKom. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Mulai pertengahan tahun 2021 ini lokasi program rumah aspirasi mulai dipindahkan ke kantor kelurahan masing-masing. Sebelumnya, pada tahun 2019 Pemkot Bima...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- BPD Nggembe Kecamatan Bolo yang dilantik beberapa waktu lalu mulai bekerja. Tugasnya menggali Aspirasi Masyarakat, yakni  Menampung, Mengelola, Menyalurkan. BPD Nggembe menampung...