Ekonomi

Bupati Bima Panen Pepaya California di Pandai

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, saat panen  papaya California.

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, menghadiri panen raya papaya California di Desa Pandai, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Senin (29/6). Kegiatan digelar kelompok usaha tani “Gembel Republic”.

Ketua Kelompok Usaha Tani “Gembel Republic”, M Amin M Ali, menjelaskan, kelompok ini terdiri dari 15 orang. Dana yang digunakan selama ini swadaya anggota.

“Kami kelompok usaha tani “Gembel Republic” berangkat dari orang-orang yang memiliki keinginan membangun lingkungan, awalnya dimotivasi  oleh Rangga Babuju,” katanya.

Kata M Amin, pepaya California ini baru bisa dipanen, setelah berumur 7 bulan.  Saat ini panen ketiga. Selama ini, tidak mampu memenuhi permintaan pasar.

“Kami kesulitan karena kekurangan buah yang diproduksi, karena tingginya permintaan, dengan lahan 70 are,” ujarnya.

Kelompoknya pun hanya menjajakan depan rumah, itupun tiga hari sudah habis.

Amin mengaku, ada rencana perluasan lahan.  “Kami berharap ada dukungan dari pemerintah, supaya bisa memenuhi dan menghasilkan pepaya California dari daerah sendiri dan tidak dari daerah lain,” ujarnya.

Hasil penjualan, kata dia, untuk membiayai masyarakat yang tidak mampu. khususnya di Desa Pandai.

Sementara Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, mendukung kegiatan masyarakat tersebut. Apalagi di Kabupaten Bima bisa tumbuh pepaya California yang rasanya lebih manis.

“Saya apresiasi dan bangga inovasi yang dibangun oleh masyarakat dan pemuda ini. Semoga sedikit demi sedikit bisa memberikan contoh bagi pemuda desa lain,” katanya.

Bupati meminta Kades, untuk melihat potensi pemuda. Kepedulian ini adalah langkah maju, ADD tidak hanya peningkatan infrastruktur, tapi pemanfaatan sumber daya manusia.

“Pemuda yang memiliki inovasi seperti ini yang harus didukung dan didorong untuk berkembang membantu daerah kita,” jelasnya.

Hadir juga Camat Woha dan Kades Pandai. (MAN)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top