Peristiwa

Dugaan Pungli di Desa Laju Disorot

Aksi yang dilakukan mahasiswa Laju.

Bima, Bimakini.- Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Laju (Himpel) dan warga aksi di Kantor Desa Laju, Rabu (3/6). Aksi itu terkait Pungutan Liar (Pungli) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) dan masalah lainnya.

Korlap aksi, Anton mengatakan, ada temuan pada program Pemdes Laju terkait dengan pembagian BLT DD. “Pemotongan atau Pungli yang terjadi pada saat pembagian BLT DD pada tahap pertama tidak ada kejelasan proses lebih lanjut oleh Pemdes Laju,” katanya.

Selain itu, kata dia, terhambatnya semua program di Desa Laju, karena diduga tidak adanya kejelasan anggaran tahun 2019. “Sampai hari ini, BUMDes dan APBDes tahun 2019 tidak menjelaskan sesuai regulasi dan undang-undang, serta belum ada laporan secara terlutis,” tegasnya.

Disampaikannya, program yang sudah dijalankan berupa BLT, BST, JPS NTB Gemilang, JPS Bima Ramah, PKH, BPNT-Sembako tidak ada transparansi dari Pemdes. Selain itu banyak posisi staf yang tidak jelas. “Sekretaris desa masih posisi kosong, Bumdes dan Karang Taruna yang sudah habis masa baktinya,” tuturnya.

Mereka mendesak agar Pemdes laju menjelaskan semua persoalan iyu. “Sementara BPD harus tetap menjaga independensi sesuai dengan Tupoksi,” tegasnya. (ILY)

Share
  • 229
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top