Berita

eBiMEKS, Koran Digital

Tampilan halaman muka eBiMEKS, koran digital Harian BimaEkspres.

KEMARIN, Selasa 9 Juni 2020 Harian BimaEkspres (BiMEKS) meluncurkan e-paper. Koran elektronik atau koran digital, bukan media online. Itu adalah tampilan utuh harian BimaEkspres dalam format .pdf yang bisa didistribusikan secara cepat. Tidak terkendala waktu apalagi tempat. Boleh di ujung dunia sekali pun. Namanya eBiMEKS.

Pemimpin Redaksi Harian BiMEKS, Sofiyan Asy`ari memilih 9 Juni, bukan 19 Juni, hari lahirnya Harian BiMEKS. “Supaya ada pembeda. Beda sepuluh hari,“ katanya kepada saya ketika menyampaikan peluncuran inovasi digital itu.

Pada 8 September 2019 lalu, saya pernah menjadi nara sumber di acara Pesta Wirausaha TDA Bima di Kampus STIE Bima. Saya sampaikan, media yang akan bertahan di masa depan adalah yang terus berinovasi. Bukan hanya mengubah dirinya menjadi media online, tetapi juga dalam bentuk lain. Bisa juga bekerja sama dengan perusahaan teknologi seperti media di Amerika. Jika koran cetak semakin sulit bertahan karena banyak kendala, koran elektronik layak dicoba. Ada banyak pembaca setia yang tetap ingin bersama BiMEKS, walau dalam bentuk yang berbeda.

Menjawab itu, Kru BiMEKS akhirnya meluncurkan eBiMEKS, Selasa kemarin. Ini momentum untuk bangkit, mengatasi banyak kendala yang selama ini semakin tidak mudah untuk diatasi. Semakin langkanya kertas, sulitnya mendapatkan bahan-bahan percetakan, juga ketiadaan tenaga terampil untuk mengoperasikan mesin cetak. Itulah alasannya. Walau BiMEKS cetak tetap terbit, tetap ibarat kayu lapuk akhirya habis termakan rayap. Keropos dan tumbang. Waktulah yang menjawabnya.

Harian BiMEKS adalah koran harian pertama di Bima dan Dompu. Lahir pada 19 Juni 2000, di sebuah lingkungan Kelurahan Rabadompu. Jatuh bangun dengan banyak kendala, disebut gila pun sudah biasa. Itulah awalnya media ini memulai catatan sejarahnya. Hanya ada saya, Imran Rasyidi di desk lay out, Fahrudin yang antar koran ke pelanggan. Ditambah beberapa wartawan perintis. Selain saya sebagai Pemimpin Redaksi, ada Akhyar H M Nur sebagai Redaktur Pelaksana, Anwar Arman, juga Sri Nuryati sebagai wartawan. Kini mereka dan banyak lagi yang lainnya sudah hebat dan mandiri. Ada yang berkarir menjadi politisi, birokrat, juga membangun media sendiri. Tak terhitung jumlahnya.

Dalam perjalanan waktu, usia yang terus bertambah, memiliki kantor sendiri, mesin cetak sendiri, dan sarana pendukung lainnya, BiMEKS terus tumbuh dan melahirkan banyak media. Ada Bima TV yang dirintis pada tahun 2003, kemudian radio Bima FM pada 2006, radio Citra FM pada 2009, juga bimakini.com 2010. Sejarah dicatat lagi dengan menerbitkan koran elektronik, eBiMEKS ini.

Respon masyarakat luar biasa. Hingga hari kedua peluncurannya, eBiMEKS yang hanya mematok harga langganan Rp25 ribu sebulan itu, sudah memiliki pelanggan lebih dari 300 orang. Ini tentu awal yang baik. “Target kami, adalah seluruh warga Bima dan Dompu perantauan di seluruh dunia bisa kita layani,“ ujar Sofiyan.

Apa beda media online dengan eBiMEKS? Walau kami memeiliki bimakini.com sebagai media online, tetapi eBiMEKS memiliki kelebihan. Sama dengan pegang koran cetak, utuh termasuk iklan ada di dalamnya.

Tampilannya statis dan dikirim setiap hari kepada pelanggan. Berita tidak akan hilang dilewati oleh tampilan terbatas seperti media online. Format .pdf membuat berita eBiMEKS tetap bisa disimpan dalam arsip yang bukan berupa link berita. Saat dibuka, tidak lagi memerlukan paket, karena sudah langsung tersimpan dalam memori. Tidak pula diperlukan ruang yang besar itu. Berita yang dimuat, tidak akan bisa diubah. Persis versi cetak, hanya dalam bentuk digital.

Untuk pengarsipan pun lebih mudah. Tidak perlu rak atau lemari arsip seperti yang dilakukan oleh Harian BiMEKS selama ini. Bayangkan, sejak 19 Juni 2000, atau dua puluh tahun sejak terbit, koran arsip menumpuk di kantor kami. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pernah mendokumentasikan menjadi format digital beberapa tahun lalu. Kami adalah salah satu media yang memiliki arsip paling lengkap. Sebulan sekali kami jilid, kemudian disimpan rapi dalam lemari arsip. Untuk keperluan penelitian, tentu sangat berguna. Itulah menjadi salah satu alasan, mengapa LIPI rutin mengunjungi kami.

Ini semua hanya warna kecil yang bisa BiMEKS torehkan untuk Bima dan Dompu. Karya yang tidak seberapa nilainya. BiMEKS telah turut memberi warna perjalanan sejarah sudut negeri dalam dua puluh tahun terakhir ini.

Selamat atas kerja keras Sofiyan Asy`ari dan jajarannya untuk menghadirkan eBiMEKS. Semoga inovasi ini bisa menjawab kebutuhan informasi yang sehat dan berimbang bagi masyarakat dan diaspora Bima dan Dompu di berbagai belahan dunia. Selamat bekerja, selamat berkarya. Jangan pernah menyerah! (Khairudin M. Ali)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top