Peristiwa

HMB Datangi Dikes Klarifikasi Biaya Keterangan Sehat dan Anggaran Covid19

HMB saat bertemu Kepala Dikes Kabupaten Bima, dr Ganis.

Bima, Bimakini.- Himpunan Mahasiswa Bima (HMB) mendatangi Kantor Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima, Senin (8/6). Kehadiran mereka untuk mengklarifikasi terkait kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima soal pembuatan Surat Keterangan Sehat dengan brandrol Rp 590 ribu.

Tidak hanya itu, mereka juga memertanyakan anggaran Covid – 19 sebesar Rp 50 miliar yang digelontorkan pemerintah.

Salah satu anggota HMB, Rifaid mengatakan, klarifikasi dari pihak Dikes perlu dilakukan  agar tidak menimbulkan spekulasi negatif di tengah New Normal yang sedang gencar dilakukan pemerintah pusat maupun daerah.  “Biaya Rapid Test di Bima sulit dijangkau pelaku perjalanan, padahal anggaran Covid – 19 sangat fantastis,” tuturnya.

Apalagi, kata dia, kondisi ekonomi masyarakat Bima yang merantau berada di bawah standar. Regulasi yang dikeluarkan terkait biaya Rapid Test seolah tidak memperhatikan ekonomi masyarakat. “Pemerintah harus mengubah kebijakan itu karena tidak sesuai ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Anggota HMB lainnya Ibrahim menyampaikan, pandemi Corona seakan dijadikan sebagai lahan bisnis bagi mereka yang berkuasa. “Jika Dikes tidak merespon aspirasi dari kami, maka kami akan mengambil langkah yang menurut kami benar,” cetusnya.

Kata dia, pemerintah seolah menghisap darah rakyat. Bukannya menjadi penyelamat rakyat di tengah ekonomi yang sedang terpuruk. “Pemerintah harus transparan soal anggaran Covid – 19, jangan sampai anggaran itu disalahgunakan,” ucapnya.

Kepala Dikes Kabupaten Bima, dr Ganis mengatakan, pihaknya akan menampung aspirasi yang disampaikan para mahasiswa. Persoalan tersebut akan disampaikan ke pemerintah daerah. “Aspirasi adik adik mahasiswa sudah kami tampung dan kebetulan hari ini ada pertemuan Dikes dengan pemerintah daerah di ruang Sekda. Kita akan sampaikan secara langsung,” janjinya. (KAR)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top