Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Janji Bupati Bima Gelar Pacuan Kuda Empat Kali Setahun, Hanya Isapan Jempol

Suasana pacuan kuda di Desa Panda.

Bima, Bimakini.-  Janji Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE dan Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M. Noer, M. Pd, untuk menggelar pacuan kuda tiga hingga empat kali ditagih. Bahkan pecinta kuda menilai janji lima tahun lalu hanya isapan jempol.

Kata pecinta pacuan kuda, dari tahun pertama, hingga menjelang akhir jabatan janji itu tidak terealisasi. “Dulu janji Bupati Bima, akan mengadakan pacuan kuda tiga sampai empat kali setahun, tapi tidak ada seperti itu, hanya sekali setahun selama lima tahun menjabat,” ungkap Salahuddin, salah satu pecinta kuda pacuan, Sabtu (13/6).

Dia mengaku, tahun 2019 tidak ada kejuaraan pacuan kuda diagendakan Pemerintah Kabupaten Bima. Karena tidak ada event, pagar lintasan pacuan yang menjadi inventaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bima rusak.

“Ini modelnya, karena tidak ada pacuan kuda dilaksanakan tahun kemarin, pagar lintasan sudah rusak, tapi masyarakat pemilik kuda pacuan tetap melatih kudanya setiap minggu di arena yang sudah tidak terawat ini,” kata warga asal Kecamatan Bolo ini.

Sementara Leman, juga menyesalkan kebijakan tidak ditepatinya janji itu. Pemda dianggap tidak memperhatikan olahraga pacuan kuda. Bahkan beberapa tahun terakhir pacuan kuda nyaris hilang.

“Bisa dilihat sendiri, antusias masyarakat terhadap pacuan kuda, apalagi ini adalah budaya masyarakat, seharusnya tetap dipertahankan dan dilestarikan setiap tahunnya,” katanya.

“Kami berharap pemerintah ada perhatian untuk melaksanakan pacuan kuda, jangan hilangkan adat dan budaya masyarakat sejak dulu ada,” ujarnya. (MAN)

Share
  • 205
    Shares
Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengaku takjub setelah melihat kelincahan joki cilik di arena pacuan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Meski bukan event resmi dan di tengah pandeo Covid19, lomba pacuan kuda di Desa Panda, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, selalu ramai. Seperti...

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, menutup kejauraan pacuan kuda tradisional Pantai Papa, Kecamatan Lambu, Kabupaten  Bima, Ahad (8/3). Bupati juga...

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.- Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs H Dahlan HM Noer, MPd, membuka event pacuan kuda tradisional pantai Papa di Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima,...