Hukum & Kriminal

Jika Galian C Proyek Jetty Muara Padolo Ilegal, Gapensi akan Lapor ke Polda NTB

H Armansyah

Kota Bima, Bimakini.- Jika pihak ketiga yang mengerjakan proyek Jetty muara Podolo, Kota Bima belum kantongi ijin pengambilan material  pertambangan galian C, maka akan dilaporkan ke Polda NTB. Pasalnya, itu sama saja melakukan aktivitasilegal.

“Kami akan laporkan ke Polda NTB,”  kata Ketua Gapensi Kota Bima, H Armansyah pada  Bimakini.com, Ahad (6/6).

Menurutnya, ijin pengambilan material galian C untuk penimbunan proyek Jetty  harus dilengkapi saat perusahaan tersebut mengikuti tender proyek. Bukan saat pelaksanaan proyek diurus.

“Peryataannya ijin yang mana dipakai pihak ketiga melengkapi berkas mengikuti tender proyek,”  kata mantan anggota DPRDKota Bima ini.

Saat tender proyek, kata dia, ijin dukungan materialnya harus dilampirkan. Asalnya dari mana material itu.

“Padahal itu wajib dipenuhi oleh perusahaan, kalau diurus saat pelaksanaan proyek itu ilegal namanya. Kalau proyek itu ilegal, maka bermasalah secara hukum,” ujarnya.

Armansyah juga menuding pejabat DLH Kota Bima tidak paham aturan. Apalagi menyampaikan sedang dalam proses pengurusan ijin dan dianggap dibolehkan. “Apa urusan DLH Kota Bima soal pertambangan, itu kewenangan Provinsi,” sesalnya.

Kota Bima, tegasnya, tidak ada kewenangan apapun soal ijin pertambangan termasuk galian C. Untuk itu dirinya mengingatkan pejabat Kota Bima jangan melampaui kewenangan. (DED)

Share
  • 123
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top