Politik

Kades Diingatkan tidak Berpolitik Praktis

Arif Mauluddin

Dompu, Bimakini.–  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Dompu, melalui Kabid Pemerintahan Desa, Arif Mauluddin mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa (Kades) dan perangkatnya agar tidak terlibat politik praktis jelang pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020.

Hal itu, kata dia, sesuai dengan ketentuan Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Kepala Desa dilarang terlibat politik praktis dan menjadi pengurus partai politik.

Selain itu, kepala desa dilarang ikut serta dan atau terlibat dalam kampanye pemilihan umum dan atau pemilihan kepala daerah. “Kepala Desa memang tidak boleh terlibat politik praktis, itu larangan bagi Kepala Desa dan perangkatnya. Jika terbukti melanggar larangan tersebut maka akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang ada, bahkan bisa diberhentikan,” tegas Kabid Pemerintahan Desa DPMPD Dompu, Arif Mauluddin, Jum’at (19/6).

Katanya, terkait adanya dugaan tindakan politik praktis oknum Kades Lepadi dengan memajang dan mendirikan alat peraga sosialisasi (baliho) milik salah satu Bakal Calon Bupati Dompu (Bacabup) hingga diklarifikasi Bawaslu, Rabu (17/6) kemarin. Mereka menuggu hasil dan rekomendasi dari Bawaslu Kabupaten Dompu, apapun keputusan dan hasilnya akan ditindak lanjuti.

“Kami sudah melakukan pembinaan ke desa-desa. Ini menjadi pelajaran penting bagi Kepala Desa agar tidak terlibat politik praktis dan fokus membangun desa,” terangnya. (AZW)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top