Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Kawasan Tiga Gili di Lombok Siap Menuju “New Normal”

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah saat menyerahkan bantuan.

Mataram, Bimakini.- Kawasan wisata tiga Gili di Kabupaten Lombok Utara (KLU) sedang bersiap menuju new normal atau kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. Optimisme penerapan kenormalan baru di destinasi wisata unggulan tersebut, semakin mantap lantaran tidak adanya kasus Covid di daerah ini.

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) NTB dan Forkopimda KLU, Sabtu (13/6/2020), mengunjungi Gili Trawangan dalam rangka memberikan arahan terkait persiapan menghadapi new normal tersebut.

Wagub mengawali sambutannya dengan mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dan memproteksi diri dengan penerapan pola hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan.

“Di dalam kehidupan kita ke depan jangan pernah menyepelekan kesehatan, mengentengkan yang namanya kesehatan,” terangnya.

Apa yang telah dialami oleh masyarakat NTB dari bulan Maret tahun ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran yang berarti dan tentunya dengan mengambil langkah-langkah perbaikan secepatnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Menurutnya, new normal adalah bagaimana masyarakat menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari.

“Sehingga bukan kapan new normal ini diberlakukan, akan tetapi bagiamana kita terlebih dulu memberikan pemahaman terkait protokol kesehatan Covid-19 ini, tentunya dengan sunguh-sungguh sehingga dapat dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat” terangnya.

Wagub menekankan bahwa penanganan Covid-19 kuncinya terdapat pada kedisiplinan masyarakat. “Sesungguhnya yang menjadi garda terdepan di dalam penanganan Covid-19 ini adalah masyarakat, sehingga ini harus dibarengi dengan partisipasi masyarakat,” ujar Wagub.

Menurut Wagub, membuka destinasi wisata tiga Gili membutuhkan perencanaan dan SOP yang ketat, terutama dalam penerapan protokol Covid-19, sehingga angka nol positif Covid-19 dapat terus dipertahankan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Wagub pun mengapresiasi atas nol kasus positif Covid-19 di tiga Gili tersebut. “Selamat untuk Gili atas nol kasus sampai dengan saat ini yang tentunya harus dibarengi ke depan bagaimana menjaga kebersihan dan seterusnya tidak pernah ada pasien positif,” ujarnya.

Terakhir Wagub menyampaikan ucapan terimakasih kepada warga tiga Gili dan kerjasama pemerintah Kabupaten Lombok Utara bersama dengan pemerintah Provinsi NTB yang selalu baik.

“Mudah-mudahan kekompakan ini terus dijaga dan semakin baik lagi ke depan, agar Gili ini bisa hidup pada era new normal dan menjadi salah satu destinasi wisata yang diidam- idamkan oleh dunia,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Lombok Utara, Dr. H. Najmul Akhyar, menyampaikan bahwa tiga Gili ini merupakan green zone atau nol angka postitif Covid-19. Sehingga persiapan penerapan new normal di destinasi wisata ini ke depan diharapkan dapat menjadi percontohan bagi daerah-daerah di NTB.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Berbagai hal terus dilakukan oleh Pemda dalam mempersiapkan menerapkan new normal di tiga Gili. Salah satunya, pemerintah daerah mengeluarkan surat edaran (SE) terkait persiapan penerapan new normal.

Salah satu yang tercantum dalam SE tersebut, yakni SOP kedatangan serta kepulangan para pengunjung atau tamu di tiga Gili. Untuk sementara ini pemda hanya mengoprasikan satu pelabuhan, yakni pelabuhan Bangsal. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Siti Rohmi Djalillah, MPd menyatakan kekagumannya pada komitmen Pemerintah Desa (Pemdes) Sari yang peduli dengan pengembangan literasi...

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr HJ Siti Rohmi Djalillah mengapresiasi peran Relawan Literasi di Nusa Tenggara Barat, khususnya di Bima dan Dompu.  Hal...

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Kabupaten Bima, yang telah keluar menjadi juara umum...

NTB

Bima, Bimakini.- Memeringati Hari Perempuan Internasional (International Woman Day) 8 Maret, Program INOVASI NTB, Pemerintah Provinsi NTB dan Universitas Hamzanwadi (UNHAM) menggelar Webinar Nasional,...

Peristiwa

Mataram, Bimakini.- KeberhasilanPemprov dan kebijakan Gubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah dalam menuntaskan masalah sengketa aset Pemprov, lahan PT. Gili Trawangan Indah (GTI) di Gili...