Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Kurang Dua Tahun, Lebih 1.000 Wirausahawan Mandiri Ditelorkan UPT LKK Bima

Mujahiddin, SSos

Bima, Bimakini.-  Kurang dua tahun, yakni 2019 – 2020, lebih dari 1.000 wirausahawan mandiri dilatih di UPT LLK Kabupaten Bima. Ini sebagai bentuk komitmen Bupati dan Wakil Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE dan Drs H Dahlan M Noer, MPd, mengatasi pengangguran.

Kepala UPT LLK Kabupaten Bima, Mujahiddin, SSos menyampaikan, pada tahun 2019, ada 870 peserta dilatih dengan berbagai keahlian. Seperti service HP, las, dan lainnya.

Sementara tahun 2020, sebutnya, ada 300 peserta. Terbatasnya jumlah tahun ini, karena kondisi pandemi Civid19. Ditargetkannya, setelah pendemi berlalu, peserta ditargetkan lebih besar.

“Tentu dengan dukungan dari pemerintah daerah melalui APBD Kabupaten Bima dan dana sharing dari Kementerian tenaga Kerja,” ujarnya.

Mujahiddin mengaku, peserta yang mengikuti pelatihan sangat antusias. Bahkan berterimakasih kepada Pemda dengan adanya pelatihan ini. “Kita berharap, peserta yang mengikuti pelatihan selain menjadi wirausaha baru, dapat juga merekrut tenaga kerja, sehingga angka pengangguran menurun,” ujarnya.

Untuk kenyamanan di LLK, setiap tahun ada rehap kelas dan fasilitas lainnya melalui anggaran APBD Kabupaten Bima. Ini komitmen daerah untuk menunjang program pelatihan.

Diyakininya, kedepan akan ada perhatian lebih lagi, sehingga apa yang diharapkan bisa terwujud. “Harapan itu adalah, bagaimana lebih banyak menciptakan wirausahawan baru. Kedepannya, peserta diharapkan lebih banyak lagi dan merata di semua kecamatan serta kami yakin itu bisa diwujudkan dan Pemda punya komitmen untuk itu,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dia dapat memahami kondisi saat ini, karena anggaran daerah banyak tersedot untuk penanganan Covid19. “Semoga setelah covid19 ini berlalu, pos anggaran untuk LLK ditingkatkan lagi dan saya sudah sampaikan kepada Bupati Bima, responnya cukup bagus,” tutupnya. (ILY)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Isu kemiskinan, pengangguran, perluasan lapangan kerja, pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Peningkatan layanan pendidikan, kesehatan, industrialisasi pertanian, peternakan, penanganan kamtibmas, mitigasi bencana,...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Kantor Unit Pelaksana Tugas (KUPT) Loka Latihan Kerja (LLK) Kabupaten Bima, menyesalkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) yang tidak merencanakan anggaran...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Unit Pelaksana Tugas (UPT) Loka Latihan Kerja (LLK) Kabupaten Bima, siap terima kursus untuk peserta penerima kartu Prakerja. KUPT LLK, Mujahidin, SSos...

Ekonomi

Dompu, Bimakini.- Program Pemerintah Pusat membantu orang yang belum memiliki pekerjaan di tengah pandemi Covid19 belum diketahui perkembanganya. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Tenaga...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo, SH, SIK, mengaku sebuah daerah tidak akan mampu menyediakan lapangan pekerjaan untuk mengurangi angka pengganguran. Semua...