Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Minimalisir Kasus Kekerasan, DP3A Dompu Bentuk Satgas PPA

Mohammad Fadilah

Dompu, Bimakini.– Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, terutama pelecehan seksual, pencabulan, penganiayaan akhir-akhir ini marak terjadi di Kabupaten Dompu.

Upaya memudahkan penanganan serta meminimalisir kejadian dan kasus serupa, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak (DP3A) Kabupaten Dompu kini telah membentuk Satuan Petugas (Satgas) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) tingkat Desa/Kelurahan.

“Sementara baru 10 Desa/Kelurahan Satgas PPA yang sudah terbentuk. Insya Allah kedepan Satgas PPA ini akan dibentuk disemua desa dan kelurahan se Kabupaten Dompu,” ungkap Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak DP3A Kabupaten Dompu, Mohammad Fadilah, MSi, Selasa (23/6).

Katanya, Satgas PPA Desa/Kelurahan ini sangaja dibentuk sebagai salah satu upaya meminimalisir terjadinya kejahatan yang menimpa perempuan dan anak. Satuan tugas tersebut diisi Babinsa, Babinkamtibmas, perangkat desa, serta berbagai elemen lainnya.

“Agar setiap persoalan yang terjadi ditingkat Desa/Kelurahan bisa ditangani, tidak langsung ke polisi. Karena inikan anak, mereka ada undang-undang khusus yang mengatur,” terangnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Soal sumber anggaran operasional Satgas PPA tersebut, dari DP3A Kabupaten Dompu. Dia juga berharap agar pemerintah Desa/Kelurahan turut andil dengan mengalokasikan dari DD/ADD.

Sebab masalah yang dihadapi ini menjadi tanggungjawab bersama. Terhadap sejumlah Desa/Kelurahan lain yang Satgas PPA nya belum terbentuk, akan diupayakan hingga akhir tahun 2020 ini.

“Dipastikan setiap persoalan yang muncul dapat ditanggulangi secara maksimal. Selain memfokuskan penanganan kasus perempuan dan anak di Desa/Kelurahan, Satgas PPA ini juga akan melakukan upaya pencegahan,” tuturnya. (AZW)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Personel Polsek Belo Polres Bima, sigap meringkus terduga pelaku penganiayaan di Desa Soki Kecamatan Belo Kabupaten Bima, yang nyaris dihakimi massa pada Kamis...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, meminta agar pejabat di lingkungan DP3AP2KB lebih pro-aktif menangani kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. “Jangan...

Hukum & Kriminal

Bima Kota, Bimakini.- Kapolres Bima Kota, AKBP Rohadi, SIK, menegaskan komitmennya dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan perempuan dan anak-anak di wilayahnya. Dalam upaya untuk...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini, – Upaya mencegah terjadinya pelecehan seksual terhadap anak ditengah kehidupan bermasyarakat, Pos Bantuan Hukum Dompu (Posbakumadin) menggelar penyuluhan hukum di SMK Negeri...

Peristiwa

Mataram, Bimakini.- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Mataram menggelar Diskusi Virtual Ancaman Kekerasan Seksual Mengintai Jurnalis Perempuan Rabu (1/3/2023). Menghadirkan pemateri Ketua Bidang Gender,...