Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Minimalisir Kasus Kekerasan, DP3A Dompu Bentuk Satgas PPA

Mohammad Fadilah

Dompu, Bimakini.– Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, terutama pelecehan seksual, pencabulan, penganiayaan akhir-akhir ini marak terjadi di Kabupaten Dompu.

Upaya memudahkan penanganan serta meminimalisir kejadian dan kasus serupa, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak (DP3A) Kabupaten Dompu kini telah membentuk Satuan Petugas (Satgas) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) tingkat Desa/Kelurahan.

“Sementara baru 10 Desa/Kelurahan Satgas PPA yang sudah terbentuk. Insya Allah kedepan Satgas PPA ini akan dibentuk disemua desa dan kelurahan se Kabupaten Dompu,” ungkap Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak DP3A Kabupaten Dompu, Mohammad Fadilah, MSi, Selasa (23/6).

Katanya, Satgas PPA Desa/Kelurahan ini sangaja dibentuk sebagai salah satu upaya meminimalisir terjadinya kejahatan yang menimpa perempuan dan anak. Satuan tugas tersebut diisi Babinsa, Babinkamtibmas, perangkat desa, serta berbagai elemen lainnya.

“Agar setiap persoalan yang terjadi ditingkat Desa/Kelurahan bisa ditangani, tidak langsung ke polisi. Karena inikan anak, mereka ada undang-undang khusus yang mengatur,” terangnya.

Soal sumber anggaran operasional Satgas PPA tersebut, dari DP3A Kabupaten Dompu. Dia juga berharap agar pemerintah Desa/Kelurahan turut andil dengan mengalokasikan dari DD/ADD.

Sebab masalah yang dihadapi ini menjadi tanggungjawab bersama. Terhadap sejumlah Desa/Kelurahan lain yang Satgas PPA nya belum terbentuk, akan diupayakan hingga akhir tahun 2020 ini.

“Dipastikan setiap persoalan yang muncul dapat ditanggulangi secara maksimal. Selain memfokuskan penanganan kasus perempuan dan anak di Desa/Kelurahan, Satgas PPA ini juga akan melakukan upaya pencegahan,” tuturnya. (AZW)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Dugaan penganiayaan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah terhadao siswinya di Kecamatan Monta berujung blokasi jalan oleh pihak keluarga, Kamis (14/10/2021). Kapolsek Monta...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Diduga dianiaya, seorang siswa di salah satu sekolah menangah pertama melaporkan kepala sekolahnya  ke polisi. Siswa tersebut didampingi orang tuanya melaporkan ke...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Pemberitaan anak yang tersangkut kasus hukum harus mengikuti Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) sesuai dengan ketentuan Dewan Pers. Masa depan anak...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Guna mewujudkan generasi tangguh dan berahlak mulia, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Dompu bersama Tim Penggerak PKK dan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bima, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Kependudukan Keluarga (DP3AP2K) dan Dinas Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (DP2MI)...