Politik

Pasang Baliho Bacabup, Oknum Kades Diperiksa Bawaslu Dompu

Swastari HAZ, SH

Dompu, Bimakini.- Diduga terlibat politik praktis jelang pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati, oknum Kepala Desa (Kades) Lepadi Kecamatan Pajo diperiksa dan diklarifikasi Bawaslu Kabupaten Dompu, Rabu (17/6) sore.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Dompu, Swastari HAZ, SH, kepada media ini, Kamis (18/6)  menyampaikan, klarifikasi terhadap oknum Kades tersebut berawal adanya informasi masyarakat tentang keterlibatannya dalam memajang dan mendirikan alat peraga sosialisasi (baliho) milik salah satu Bakal Calon Bupati Dompu (Bacabup).

“Setelah ditelusuri kebenaran informasi itu, kami melakukan rapat pembahasan dan diputuskan ada dugaan pelanggaran. Sehingga harus ditangani sesuai prosedur dengan melakukan klarifikasi kepada oknum Kepala Desa dan beberapa orang saksi,” jelasnya.

Katanya, selain menegakkan Undang-undang Pemilu. Bawaslu juga diberikan kewewenang untuk mengawasi peraturan dan perundang-undangan lainnya.

Sesuai ketentuan Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, seorang Kepala Desa dilarang terlibat politik praktis dan menjadi pengurus partai politik. Selain itu, kepala desa dilarang ikut serta dan atau terlibat dalam kampanye pemilihan umum dan atau pemilihan kepala daerah.

“Saat diklarifikasi, Kades mengaku tidak mendukung salah satu bakal calon, tetapi hanya membantu memasang baliho. Kami juga sudah memanggil saksi tambahan,” terangnya.

Pada kesempatan itu, dirinya mengajak seluruh Kepala Desa, perangkat desa dan ASN untuk sama-sama menjaga netralitas jelang pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Dompu. (AZW)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top