Ekonomi

Pemda tidak Bisa Lawan Regulasi untuk Naikkan Harga Jagung

Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE dan Drs H Dahlan M. Noer, M. Pd

Bima, Bimakini.-  Dalam menentukan harga satuan jagung dan komodi lainnya, Pemerintah Daerah tidak bisa melawan ketentuan Kementrian Pertanian dan Holtikultural. Sebab harus mengacu pada harga satuan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Bima tidak bisa menentukan harga satuan jagung, sebab kita harus mengacu pada harga satuan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat,” jelas Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, Rabu (10/6).

Bupati yang didampingi Wakil Bupati Bima, Drs. H Dahlan M. Noer, M. Pd, mengaku, harga jagung di Kabupaten Bima cukup bervariasi, mulai dari harga Rp2.900 hingga 3.150 ribu.

“Harga ini juga tergantung jauhnya lahan petani dari jangkauan penerima atau pengumpul jagung,” katanya.
Diakuinya, hampir semua pengumpul yang memiliki gudang besar di daerah, belum bisa mengirim keluar daerah. “Ini yang menjadi kendala pengumpul, tapi mereka tetap membeli atas keinginan petani dan juga imbauan dari Pemerintah, jagung yang dibeli saat ini untuk pengiriman selanjutnya,” kata dia.

Katanya, bukan hanya komoditi jagung, tapi ada komoditi lainnya yang sudah ditetapkan Pemerintah Pusat. Ada surat edaran yang Kementrian yang turun ke darah.

“Harga jagung di daerah kita saat ini, hampir sama denga harga satuan yang ditetapkan oleh Kementian,” jelasnya.
Tugas pemerintah, kata dia, melayani dan mengayomi setiap keinginan masyarakat. Tetapi, tidak bisa melawan regulasi yang sudah menjadi ketentuan Pusat.

Sebelumnya, warga Kecamatan Soromandi – Donggo mendesak pemerintah untuk menaikan harga jagung. (MAN)

Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top